Mengenal Kucing Abisinia
Kucing abisinia adalah salah satu ras kucing berbulu pendek tertua yang pernah diketahui.
Ada banyak jenis kucing yang sudah didomestikasi dan cocok dipelihara di dalam rumah. Salah satu yang mungkin kurang familiar adalah abyssinian. Abyssinian atau abisinia adalah salah satu ras kucing domestik tertua yang lincah dan dapat berinteraksi baik dengan manusia.
Kucing Abisinia terkenal cantik dan elegan yang punya karakter cerdas dan ceria. Spesies kucing Abisinia dipercaya berasal dari Mesir, namun kucing ini pertama kali tercatat resmi di Inggris pada 1882. Kucing ini disebut sudah berada di Inggris selama kurang lebih 100 tahun dan pernah didokumentasikan dalam The Book of The Cat karya Frances Simpson pada 1903. Tak hanya cerdas, kucing ini dikenal sebagai kucing yang punya rasa ingin tahu tinggi dan suka berpetualang.
Kecerdasan kucing Abisinia sudah terlihat bahkan sejak kucing ini masih kecil. Sejak kecil kucing ini mudah dilatih dan suka diajak bermain dengan game yang mengasah pikiran. Uniknya kucing Abisinia suka memerhatikan sekitarnya, seperti misalnya burung, makhluk liar lainnya.
Abisinia memiliki telinga dan moncong yang runcing, sehingga kepalanya berbentuk seperti segitiga. Matanya berbentuk seperti kacang almond, bulu kepalanya memiliki warna cenderung lebih hitam, dan moncong berwarna putih. Abisinia memiliki badan yang berotot dan panjang dengan tangan dan kaki yang panjang serta ramping. Rata-rata, abisinia memiliki ekor yang panjang dan runcing. Abisinia memiliki warna bulu yang unik dan menjadi ciri khususnya, yaitu warna kecoklatan. Abisinia memiliki bulu halus di atas dengan warna dasarnya kehitam-hitaman, sehingga mirip dengan warna kucing gurun. Bulunya akan terasa halus dan lembut pada saat di sentuh. Ciri khas pola warna bulu abisinia adalah agouti berbintik.
Kucing yang punya tubuh mini ini mirip dengan cougar atau singa gunung yang bertubuh kecil. Kucing ini memiliki corak kemerah-merahan pada bulunya, dengan mata yang berbentuk seperti almond yang memikat. Kucing Abisinia sering bertingkah mirip harimau kumbang ketika bermain atau beraktivitas sehari-hari. Tak hanya terlihat elegan dan mewah, kucing ini ternyata juga bisa menari dengan luwes
Abyssinian yang hidup di alam liar memiliki umur rata-rata 13-15 tahun. Namun, jika mereka hidup di dalam rumah dan mendapatkan perawatan yang tepat, kucing ini bisa hidup hingga usia 20-an tahun. Umur panjang abyssinian dibantu oleh karakteristik tubuh endomorfik mereka dan tingkat aktivitas mereka yang umumnya kuat sepanjang hidup. Salah satu hal yang sering menjadi penyebab kematian pada abyssinian adalah penyakit.
Abisinia merupakan kucing yang sangat cerdas, pendiam, senang berada disekitar manusia, dan selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemiliknya. Abisinia akan senang jika selalu diperhatikan oleh pemiliknya, sehingga terkadang abisinia akan mengeluarkan suara meongan yang manja. Abisinia juga sangat setia pada pemiliknya. Selain itu, abisinia juga termasuk kucing yang penurut, tidak senang merusak barang, mudah dilatih, dan tingkah lakunya selalu membuat pemiliknya terhibur dan tertawa.
Demikian informasi mengenai kucing abisinia. Semoga bermanfaat!