Jenis Pesawat Terbesar
Naik transportasi udara atau pesawat terbang merupakan pengalaman yang menyenangkan. Jika dilihat dari penggunaannya, pesawat terbang dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu pesawat penumpang, pesawat angkut/kargo, dan pesawat eksperimental.
Dengan adanya pesawat terbang ini, terutama pesawat penumpang, kita dapat menikmati perjalanan yang jauh hingga ribuan kilometer hanya dalam hitungan jam. Beberapa pesawat terbang penumpang yang berbadan besar di dunia ternyata dibuat oleh dua pabrikan besar, yakni Boeing dan Airbus Eropa.
Lantas apa sajakah itu? Berikut pesawat penumpang terbesar di dunia.
1.Airbus A380-800
Airbus A380 yang diproduksi oleh Airbus S.A.S. adalah sebuah pesawat berbadan lebar dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan telah memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat, sampai dijuluki “Superjumbo”.
2.Boeing 747
Mengekor pendahulunya, Boeing 747, dikenal juga sebagai Jumbo Jet, adalah pesawat penumpang berbadan lebar terbesar kedua saat ini, setelah pesawat A380 beroperasi pada akhir Oktober 2007. Pesawat empat mesin ini, diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, menggunakan konfigurasi dua dek di mana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas (kelas pertama, kelas bisnis dan kelas ekonomi) mampu menampung 400 penumpang dan konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi saja) mampu menampung 600 penumpang.
3.Airbus A350 XWB
Airbus A350 XWB (eXtra Wide Body) adalah keluarga pesawat jet berbadan lebar yang sedang dikembangkan oleh produsen pesawat Eropa Airbus. A350 akan menjadi pesawat Airbus pertama dengan struktur kedua sayap pesawat dibuat dari polimer diperkuat serat karbon. Pesawat ini akan membawa 270-350 penumpang di tempat duduk kelas tiga, tergantung pada varian.
Beberapa ulasan di atas adalah pesawat-pesawat terbesar di dunia.