Jenis Jenis Kasur
Memilih jenis kasur bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan.Jika salah pilih, kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan kualitas tidur terbaik yang dibutuhkan setiap hari.
Kasur bukanlah tempat untuk tidur semat.Ini adalah tempat mengistirahatkan tubuh setelah hari yang melelahkan.Tidak ada hari yang dilewatkan tanpa tidur di atas kasur setiap malam.
Coba bayangkan apa yang akan terjadi jika kamu salah memilih kasur?Akumulasi tidur yang tidak berkualitas akan berpengaruh terhadap kesehatan dan stamina yang kamu butuhkan sehari-hari.
Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui kasur seperti apa yang cocok untuk mengantar tidurmu.Berikut adalah beberapa jenis kasur yang perlu kamu ketahui.
1. Kasur Spring Bed
Kasur spring bed adalah jenis kasur yang banyak dipilih masyarakat. Teksturnya lembut namun tidak ‘jeblok’ ketika ditiduri. Kualitas pegasnya akan menentukan kenyamanan tidur. Kasur ini juga termasuk tahan lama. Rata-rata penggunaannya dapat mencapai 10-15 tahun.
2. Kasur kapuk
Kasur kapuk merupakan kasur yang terbuat dari kain katun yang diisi kapuk kemudian dijahit dengan rapi. Kasur ini sejak zaman dahulu telah dikenal luas. Kasur kapuk harus rajin dijemur dan diratakan dengan pemukul kasur untuk menjaga kapuknya tetap lembut dan tidak ‘mati’. Kelebihan kasur ini terletak pada harganya yang terjangkau. Kekurangannya adalah dapat menyebabkan masalah pernapasan, memicu alergi, dan rentan perkembangbiakan kutu busuk di balik kasur.
3.Latex
Kasur latex terbuat dari karet alam yang dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Selain bisa membuat tidur lebih nyaman, kasur latex juga ramah terhadap lingkungan.
Kasur latex juga direkomendasi untuk kamu yang memiliki sakit punggung. Hal ini karena latex mampu mengikuti postur tubuh dengan baik. Kutu kasur atau tungau juga jarang sekali bersarang pada kasur latex, tetapi harus tetap rutin dibersihkan.
4.Memory Foam
Seperti yang sering didengar, harga tidak pernah mengkhianati kualitas. Sama dengan kasur yang satu ini, memory foam memiliki harga yang relatif mahal, tetapi nyaman untuk kita gunakan sebagai tempat istirahat.
Kasur ini menggunakan material busa viscoelastic yang dapat menyerap panas dan memiliki tesktur lembut. Selain itu, kasur ini dapat mengikuti postur tubuh dengan sempurna sehingga cocok digunakan bagi para penderita sakit punggung.
Apalagi, jenis kasur ini dapat menyebarkan berat tubuhmu secara merata. Namun, keras dan lembutnya kasur ini dipengaruhi oleh suhu tubuh dan sekitarnya.
5.Hybrid
Jenis kasur ini mengombinasikan material pegas besi berulir anti korosif dengan material PU foam berkualitas premium. Di bagian atas kasur dilapisi dengan super soft foam dan plain knitted fabric yang lembut, sejuk, dan nyaman.
Lapisan busa di kasur hybrid dapat membuat tidur jadi lebih nyaman. Walaupun dilengkapi pegas pada bagian kasur, ternyata kasur hybrid ini tidak akan mengeluarkan suara yang berisik.
6.Angin
Selain material matras tidur di atas, kasur angin juga tidak asing untuk diketahui. Kasur angin memiliki tekstur yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Biasanya, kasur angin sering dipakai untuk bersantai dan diletakan di dalam mobil.
Cara menggunakan kasur angin pun cukup mudah, yaitu isi angin di dalamnya sampai menggembang. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan kasur angin untuk tidur sehari-hari karena tektsurnya yang tidak terlalu empuk.
Itulah beberapa jenis kasur yang harus kalian ketahui sebelum membeli kasur ,semoga dapat membantu kalian dalam memilih kasur terbaik.