Ras Sapi Terbesar Dunia
Saat ini terdapat lebih dari 920 ras sapi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dari beberapa ras sapi tersebut, ada yang memiliki bobot hingga lebih dari 1 ton.
Inilah deretan ras sapi yang memiliki bobot yang fantastis di seluruh dunia.
1.Limousin
Ras sapi Limousin tentu sudah tidak asing .Ras Sapi Limousin memiliki berat hingga 1,1 ton.
Pertama kali sapi Limousin dikembangbiakkan di wilayah Limousin en Marche Prancis sebagai sapi potong , yang kemudian menyebar ke seluruh negara.
2.Glan Ternak
Glan ternak awalnya dibiakkan sebagai breed serbaguna di wilayah Rhine-Palatinate Jerman, hari ini sapi Glan digunakan terutama untuk produksi daging sapi. Tingginya bisa mencapai 1,45 m dan berat hingga 1.200 kg. Sayangnya, breed tersebut sekarang sudah jarang digunakan dan jumlah sapi semakin berkurang setiap tahunnya.
Breed sapi ini tidak digunakan dalam program pemuliaan dan pertunjukan, karena fenotipenya, itulah sebabnya breed ini hampir punah. Setelah upaya masyarakat pelestarian yang didirikan pada tahun 1985, Sapi Glan telah kembali dengan lambat, tetapi masih merupakan jenis sapi yang kurang dikenal.
3.Maine – Anjou
Seperti namanya, jenis sapi Prancis ini berasal dari wilayah Anjou. Beratnya bisa mencapai sekitar 1.400 kg dan dibesarkan baik untuk produksi susu maupun daging sapi. Trah ini terkenal dengan fakta bahwa ia dapat dengan mudah membangun otot dan juga untuk penggemukan yang mudah.
Awalnya, petani Prancis menggunakan sapi Maine-Anjou jika mereka memiliki lahan kecil, karena mereka bisa mendapatkan penghasilan yang bagus dari sapi, karena mereka akan mudah digemukkan. Terutama sapi jantan bisa sangat temperamental, tetapi sapi memiliki naluri keibuan yang hebat dan karena susu berkualitas tinggi yang mereka berikan, anak sapi selalu diberi makan dengan gizi yang lengkap.
4.Devon Selatan
Juga dikenal sebagai "Raksasa Lembut", sapi South Devon berasal dari Inggris, menjadi breed sapi asli terbesar dari Inggris. Mereka dapat mencapai berat rata-rata 1.600 kg, meskipun sapi Devon Selatan terbesar yang tercatat memiliki 2.000 kg. Banteng dari jenis ini dapat digunakan untuk bekerja hingga usia 12 tahun.
South Devon dikenal sebagai breed untuk daging dan susu. Produksi susu yang tinggi dan naluri keibuan yang berkembang memastikan persentase kelangsungan hidup anak muda yang tinggi. Sapi mampu bereproduksi selama 15 tahun. Dengan umur panjang seperti itu, beberapa ekor sapi dara diperlukan untuk meng-upgrade kawanan, banyak di antaranya tersedia untuk dijual sebagai hewan pengembangbiakan atau karkas daging sapi berkualitas unggul.
5.Chianina
Sapi terbesar di dunia yaitu dari ras Chianina. Chianina ini berasal dari Tuscany, Italia, dan dapat mencapai ketinggian 2 m dan berat lebih dari 1.700 kg. Sapi Chianina adalah sapi tertinggi dan terberat di dunia, serta salah satu ras sapi tertua.
Trah ini terutama digunakan untuk produksi daging sapi, tetapi di masa lalu juga populer sebagai sapi rancangan. Sapi Chianina dapat dengan mudah beradaptasi dengan iklim yang lebih hangat, memiliki kulit yang keras dan juga tahan terhadap parasit.
Itulah beberapa ras sapi yang memiliki berat yang fantastis.Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian.