Burung Lilac-Breasted Roller
Lilac-breasted roller (Coracias caudatus) merupakan burung Afrika dari keluarga roller, Coraciidae.
Rol lilac-breasted ditemukan di seluruh Afrika timur dan selatan. Jangkauan mereka meluas dari pantai Laut Merah Eritrea melalui Afrika Timur (termasuk Zanzibar) ke Afrika selatan, di mana mereka umumnya ditemukan di Namibia (tidak termasuk Gurun Namib), Botswana, Zimbabwe, dan Afrika Selatan bagian timur laut. Beberapa populasi tidak bermigrasi, sementara yang lain bermigrasi dari timur laut Kenya ke barat laut Somalia untuk berkembang biak dari akhir April hingga pertengahan September. Rol berdada ungu hidup di habitat sabana terbuka dengan pohon dan semak yang tersebar. Lebih jarang mereka sering mengunjungi vegetasi sungai dan hutan ringan dan dapat memasuki stepa sub-gurun atau padang rumput terbuka di mana tempat bertengger yang ditinggikan dapat digunakan.
Nama alternatif untuk lilac-breasted roller antara lain fork-tailed roller, lilac-throated roller (juga digunakan untuk subspesies dari roller ungu), dan roller Mosilikatze. Mereka hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil, tetapi sering terlihat sendirian. Panggilan mereka adalah squawk keras yang keras, 'zaaak'. Mereka sebagian bermigrasi, tetapi di beberapa daerah mereka menetap. Untuk memberi makan, mereka menukik turun dari tempat bertengger tinggi di sebelah mangsanya dan memakannya di tanah atau kembali ke tempat bertengger di mana mereka mengaduknya sebelum menelannya utuh. Mereka teritorial, juga mempertahankan wilayah makan kecil sementara; maka individu secara teratur ditempatkan di sepanjang jalan. Mereka mengusir banyak spesies dari dekat lubang sarang mereka, bahkan setelah berkembang biak.
Rol berdada ungu adalah burung Afrika berwarna indah yang dikenal dengan pertunjukan udara akrobatiknya selama musim kawin. Jenis kelamin terlihat serupa, dan remaja tidak memiliki pita ekor panjang seperti orang dewasa. Spesies ini secara tidak resmi dianggap sebagai burung nasional Kenya. Ukuran rata-rata dari Lilac Breasted Roller adalah 14,5 inci. Kepala hijau dicuci besar, leher pendek, kaki kuning kehijauan agak pendek dan kaki kecil. Paruhnya kuat, melengkung dan berujung bengkok. Ekornya sempit dan panjangnya sedang. Punggung dan skapulir berwarna coklat. Bahu sayap, jaring luar bulu terbang dan pantat semuanya berwarna ungu. Pangkal primer dan penutupnya berwarna biru kehijauan pucat dan bulu ekor luar memanjang dan kehitaman. Dagu berwarna keputihan, menaungi payudara yang kaya lilac. Bagian bawah berwarna biru kehijauan. Paruhnya berwarna hitam dan matanya berwarna cokelat. Memiliki sayap yang besar dan terbang yang kuat.
Lilac Breasted Roller membuat sarang tidak bergaris di lubang pohon alami atau di bukit rayap. Terkadang mereka mengambil alih lubang sarang burung pelatuk atau kingfisher. Mereka bertelur 2-4 putih telur, yang diinkubasi oleh kedua jenis kelamin selama 22-24 hari. Pada umur 19 hari anak ayam sudah berbulu penuh dan berwarna coklat keabu-abuan.
Demikian informasi mengenai burung Lilac-breasted roller. Semoga bermanfaat!