Enak dan Bermakna
Membahas tentang warisan budaya, maka tak akan jauh dari makanan khasnya.
Begitu halnya dengan Singapura, negara kecil yang berada di Asia Tenggara ini memiliki makanan khas.
Yang patut Anda coba ketika berkunjung kesana:
1. Nasi Ayam Hainan
Ayam direbus hingga matang, lalu direndam dalam air es agar daging tetap empuk. Menurut resep masyarakat setempat, ayamnya juga bisa dibakar dengan kecap untuk menghadirkan cita rasa yang berbeda.
2. Kepiting Cabai
Kepiting segar yang ditumis dengan kuah asam manis dan sedikit pedas yang kental membuat rasa asli daging kepiting yang berlemak dan manis semakin juicy, membuat setiap suapannya terasa lebih nikmat.
3. Rojak
Ini adalah salad lokal yang terdiri dari campuran sayuran, buah-buahan, dan adonan stik goreng, dilapisi saus hitam kental, dan dihiasi dengan kacang tanah yang dihancurkan dan bubuk bunga jahe yang harum untuk menambah rasa.
4. Roti Bakar Kaya
Dua potong roti panggang, dibungkus dengan mentega dingin, dan di atasnya ditaburi olesan kaya yang dibuat dengan santan dan telur; disajikan dengan segelas Kopi atau teh Nanyang.
Selain makanan berat, ada pula kue terkenal dari Singapura yang juga patut Anda coba:
1. Kueh Honggu
Berarti "kue penyu merah", kue tradisional Tiongkok ini berbentuk seperti cangkang kura-kura dan sering disantap saat festival. Ketan kenyal diisi dengan kacang hijau manis atau kacang tanah dan disajikan di atas daun pisang.
2. Kueh Papuan
Kue ketan Teochew klasik ini terlihat mirip dengan Kueh Honggu, namun isiannya berbeda. Ketan ditumis dengan daun bawang, udang, jamur, dan kacang tanah dibungkus dengan kulit berwarna merah muda mengilap berbentuk buah persik yang melambangkan umur panjang.
3. Kueh Shun
Kue ketan Teochew klasik ini berbentuk seperti pangsit yang hampir bening ini diisi dengan rebung goreng, lobak, dan udang kering, dan sedikit pedas. Seperti Kueh Teochew gurih lainnya, sajikan dengan kecap manis dan cabai untuk tekstur terbaik.
4. Kueh Kueh
Berarti "kue air" dalam bahasa Teochew/Hokkien, adalah hidangan sarapan populer khas Singapura. Kue beras kukus yang berbentuk mangkuk diberi taburan acar lobak manis dan asin di atasnya, serta disajikan dengan cabai. Memiliki tekstur yang lembut dan ringan, seperti puding.
5. Kueh Salad
Kue ini mudah dikenali dari warnanya yang cerah dan cantik, lapisan atasnya yang berwarna hijau cerah dan lapisan bawahnya berupa ketan dengan bunga kacang biru.
6. Kueh Ba Hulu
Mirip dengan madeleine Perancis, Kueh Bahulu adalah kue bolu tradisional Melayu yang renyah di luar dan lembut serta empuk di dalam. Berbentuk telur dan sedikit manis, kue lembut ini sangat cocok dipadukan dengan kopi.
7. Kueh Bang Jie
Kue ini ringan dan lapang, dengan kerak yang renyah dan bagian tengah yang lembut, akan meleleh di mulut Anda.
Untuk membuat kue-kue ini pun tidaklah susah, bahan yang dibutuhkan hanya tepung beras, kacang tanah, isian kelapa giling, dan daun pisang.
Langkah-langkah:
1. Isi cetakan dengan tepung beras.
2. Masukkan kelapa cincang atau kacang tanah ke dalamnya.
3. Lalu bauri dengan tepung lagi.
4. Tutupi adonan dengan kain muslin dan masukkan ke dalam kukusan.
5. Letakkan kueh di atas daun pisang yang sudah dipotong dadu kecil dan sajikan.