Kue Kering dengan Selai
Kue kering dengan selai di tengahnya, memiliki tekstur yang lembut dan empuk.
Serta memiliki selai murbei merah yang tidak terlalu manis.
Sehingga cocok untuk dijadikan camilan sore atau teman minum kopi. Berasal dari abad ke-19, dan merupakan salah satu kue tradisional yang dihidangkan saat hari raya. Selain enak, kue kering ini mudah dibuat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak, hanya tepung, mentega, gula, telur, dan selai favorit Anda, sehingga menjadikannya banyak diminati di seluruh dunia.
Berikut ini adalah cara membuatnya:
1. Lelehkan mentega pada suhu ruang, lalu tambahkan gula pasir, aduk hingga encer, kemudian tambahkan telur dan aduk hingga mentega benar-benar terserap.
2. Ayak tepung rendah gluten di atas mentega tadi, aduk sebentar hingga membentuk adonan, bungkus dengan plastik wrap dan diamkan pada suhu ruang selama 10 menit.
3. Taburi permukaan meja dengan tepung terigu, lalu bentuk adonan menjadi lembaran setebal 0,5 cm, bungkus kembali dengan plastik wrap dan masukkan dalam freezer selama 20 menit.
4. Keluarkan lembaran adonan beku dan cetak dengan cetakan tekan, kemudian pindahkan ke loyang.
5. Letakkan loyang di baris tengah dan atas oven, panggang selama kurang lebih 15 menit atau hingga bagian atasnya berwarna cokelat keemasan.
6. Oleskan selai di antara dua kue yang bentuknya sama dan susun menjadi satu agar selai dapat diikat.
Tip:
1. Karena kue ini memiliki kandungan mentega yang tinggi dan dikocok sepenuhnya, bola-bola kecil tersebut
perlahan-lahan akan berubah menjadi bentuk kue bundar saat dipanggang.
2. Untuk membuat kue ini, pastikan mentega dikocok hingga berwarna putih, halus, dan ringan.
3. Tambahkan telur secara bertahap, kocok rata setiap kali sebelum menambahkan telur berikutnya agar telur dan minyak tidak terpisah.
4. Untuk adonan yang sangat lengket, bisa diaduk atau didinginkan sebentar agar mudah dibentuk.
5. Celupkan sumpit ke dalam adonan telur atau air terlebih dahulu, lalu aduk perlahan menjadi bola-bola kecil. Setelah itu keringkan dengan handuk dapur dan celupkan ke dalam air atau telur.
Itulah tadi cara membuat kue kering selai yang enak dan mudah dibuat, kreasikan sesuai dengan selai favorit Anda dan nikmati kelembutannya!