Manfaat Seaweed Mask
Di Jepang, rumput laut umum diolah menjadi nori, yakni lembaran tipis yang dikenal sebagai hiasan dalam hidangan Jepang, seperti ramen atau sushi.
Sementara di Indonesia, rumput laut sering digunakan sebagai bahan utama dalam resep es campur. Nyatanya, rumput laut tak sekadar untuk dikonsumsi, tanaman laut ini juga bisa digunakan untuk perawatan kulit berupa masker wajah, lho! Rumput laut adalah spesies tumbuhan dan alga yang tumbuh di laut, sungai, dan danau.
Dilansir dari Byrdie, menurut Lydia Sarfati, ahli perawatan kecantikan dari New York, Amerika Serikat (AS), seaweed mengandung konsentrasi air laut yang sangat kuat. Tanaman laut ini juga mampu menyerap mineral aktif dari air laut. Karena proses tersebut, beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, protein, dan lipid yang melimpah. Semua zat tersebut dapat memberikan manfaat bagi kulit.
Lalu, apa saja manfaat masker rumput laut untuk kulit wajah? Simak selengkapnya!
1. Menyembuhkan Jerawat
Seorang dermatologis, Dokter Brendan Camp menjelaskan, rumput laut memiliki sifat anti-iflamasi dan mengandung mineral alami seperti magnesium dan seng. Nutrisi tersebut dapat membantu memperbaiki kemerahan pada kulit sensitif dan hipersensitif.
“Rumput laut dapat membantu menenangkan kondisi kulit yang terkait dengan peradangan, seperti jerawat dan rosacea,” katanya.
2. Mengurangi Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi merupakan kondisi saat terdapat bercak hitam kecokelatan di kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Marine Drugs menyebutkan bahwa skin care yang mengandung ekstrak rumput laut dapat mengurangi hiperpigmentasi.
3. Melembabkan Kulit Kering
Manfaat rumput laut yang pertama adalah untuk melembapkan kulit yang kering. Rumput laut merupakan agen humektan (pelembap) alami yang dapat membantu kulit mengikat air. Fungsi ini penting agar kulit terhindar dari dehidrasi, yang nantinya dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit lainnya.
Selain mengandung vitamin E sebagai antioksidan, rumput laut juga mengandung asam lemak esensial yang baik untuk melembapkan kulit. Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung rumput laut, kulit akan dapat lebih menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. Ini akan membuat kulit terlihat sehat dan kenyal.
4. Membantu Detoksifikasi Kulit
Rumput laut sudah dikenal mengandung antioksidan. Kandungan ini membantu detoksifikasi kulit dari racun maupun kotoran yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya komedo dan jerawat.
Manfaat dari rumput laut yakni sangat cocok untuk proses penyembuhan masalah kulit seperti jerawat, rosacea, psoriasis atau kondisi kulit lainnya.
Menurut dokter kulit bersertifikat, Dr. Debra Jaliman yang dilansir Dermstore.com bahwa rumput laut adalah bahan anti inflamasi yang sangat baik dan dapat membantu mengurangi peradangan karena jerawat.
Menggunakan rumput laut dalam scrub wajah, nyatanya bisa menjaga kulit tetap bersih dan membantu mengatasi masalah lebih lanjut dengan kulit.
5. Meremajakan Kulit
Rumput laut kaya akan yodium yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap yodium dan menghasilkan zat kimia pengatur metabolisme dalam darah. Lancarnya metabolisme membantu peremajaan kulit.
6. Pengelupasan Sel Kulit Mati
Rumput laut dapat menarik kotoran dan kelebihan cairan dari kulit. Sering dijadikan pembersih alami dan digunakan sebagai lulur karena khasiatnya yang dapat meregenerasi sel kulit mati.
7. Mengatur Produksi Minyak
Beberapa jenis rumput laut terbukti menurunkan produksi minyak dan mengurangi bakteri yang terlibat dalam pembentukan jerawat.