Tips Aman Perjalanan Jauh
Tips aman perjalanan jauh dengan mobil menjadi hal yang perlu diketahui ketika kamu ingin melakukannya bersama keluarga atau teman.
Berkendara jarak jauh menggunakan mobil pribadi, menawarkan kenyamanan yang tidak dapat dipenuhi kendaraan lain. Seperti fitur keselamatan, kemudahan, hingga menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Perjalanan jauh menggunakan mobil atau disebut juga road trip merupakan aktivitas yang menyenangkan dan penuh petualangan. Melintasi jalan dengan berbagai pemandangan yang luar biasa dapat membawa kesenangan tersendiri. Berkendara jauh menggunakan mobil dalam perjalanan panjang dapat terasa menyenangkan pada awalnya. Tetapi, kesenangan tersebut dapat cepat hilang ketika rasa lelah dan tidak nyaman mulai menyerang.
Berikut adalah tips perjalanan jauh dengan mobil yang dapat dijadikan pedoman saat ingin melakukan perjalanan jauh:
1. Memilih Mobil yang Sesuai untuk Perjalanan Jauh
Hal terpenting dari perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi adalah dengan memilih mobil yang tepat yang akan digunakan. Ada sejumlah jenis mobil yang nyaman untuk dibawa bepergian jarak jauh. Beberapa diantaranya adalah Toyota Fortuner GX, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander Cross, dan masih banyak lagi. Anda perlu memastikan kendaraan yang Anda pilih memiliki kriteria irit bahan bakar dan mampu menempuh jarak tujuan perjalanan.
2. Membuat rencana perjalanan dengan detail
Tips pertama agar perjalan jauh jadi terasa lebih nyaman dan aman adalah merencanakannya dengan detail. Harus ada tujuan jelas dan apa saja rute yang akan dilalui. Hal ini berguna untuk menghindari kejadian tersesat atau salah alamat. Selain itu, kamu juga perlu menentukan kapan waktu yang tepat untuk berangkat. Disarankan waktu keberangkatan pilih saat pagi hari. Sebab, waktu ini cocok dengan keadaan sehari-hari di mana kamu harus bekerja dan beraktivitas di pagi hari. Sehingga, rasa kantuk pun bisa dikurangi. Jangan sampai lupa untuk memilih rest area mana yang akan jadi tempat istirahat dan melakukan kegiatan seperti beribadah.
3. Istirahat cukup sebelum berangkat
Kelelahan saat berkendara mobil sangat berbahaya. Jadi, pastikan Anda mendapatkan istirahat cukup sebelum pergi. Jika berangkat pagi-pagi sekali, pastikan Anda tidur lebih awal dari biasanya untuk mendapatkan tidur yang cukup sebelum perjalanan.
4. Bahan Bakar
Tips aman perjalanan jauh dengan mobil yang ketiga adalah bahan bakar pastikan terisi penuh. Jika sekiranya tidak mencukupi untuk sampai di tujuan, maka segera lakukan pengisian saat bahan bakar sudah mulai rendah. Jangan menunggu hingga jarum sudah menyentuh level E, karena belum tentu ada pom bensin terdekat di depan sana.
5. Cek keadaan mobil sebelum perjalanan jauh
Mengecek keadaan mobil sebelum melakukan perjalanan menjadi kewajiban yang perlu dilakukan. Sebab, apabila keadaan mobil termasuk mesin, bahan bakar hingga kualitas ban tidak dicek, risiko mogok sangat besar terjadi.
6. Beri Jeda dalam Perjalanan
Jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu hingga lebih dari 5 jam, maka lakukan jeda di sela-sela perjalanan. Idealnya, istirahat dilakukan setiap 2 jam perjalanan dengan rentang waktu antara 15-30 menit. Selain mengembalikan kesegaran dan fokus pengemudi, istirahat juga bertujuan untuk mendinginkan mesin kendaraan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memasukkan istirahat ke dalam tips aman perjalanan jauh dengan mobil.
7. Patuhi peraturan lalu lintas
Berkendara membutuhkan perhatian penuh, terutama saat berkendara jarak jauh. Hindari penggunaan ponsel. Patuhi batas kecepatan, jangan menyalip dengan berbahaya dan pastikan semua orang di dalam mobil sudah menggunakan sabuk pengaman dengan benar.
Nah itulah beberapa tips berkendara aman saat perjalanan jauh. Semoga bermanfaat!