Wisata Gunung Bersalju
Butiran salju yang turun menghujani permukaan tanah, memberikan pemandangan indah yang memanjakan mata.
Mendekati akhir tahun, beberapa negara di luar negeri sudah memasuki musim dingin yang ditandai mulai hadirnya musim salju. Mendaki pegunungan bersalju bisa menjadi salah satu kegiatan seru untuk dilakukan pada masa liburan. Sejumlah gunung salju dunia diketahui sering dijelajahi para pecinta alam dan peneliti. Berikut ini wisata gunung salju:
1. Gunung Kangchenjunga
Gunung Kangchenjunga berada di posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.598 meter. Terletak di sepanjang perbatasan antara India dan Nepal, serta merupakan gunung tertinggi yang ada di India. Pada 25 Mei 1955, dua pendaki asal Inggris Joe Brown dan George Band menjadi pendaki pertama yang berhasil mendaki Gunung Kangchenjunga.
2. Titlis
Titlis adalah gunung di pegunungan Alps di Swiss. Dengan ketinggian yang mencapai 3.000 meter lebih, tepatnya 3.029 Meter. Suhu di gunung ini bahkan bisa mencapai 0 °C.
3. Mauna Loa
Gunung berapi terbesar di bumi ini diprediksi pernah meletus 700.000 tahun lalu. Wilayah Mauna Loa diketahui mencakup sebagian besar kawasan Big Island Hawaii. Ketika menyambangi gunung ini, anda bakal dibuat terpana dengan panorama salju di sana yang begitu mempesona. Mauna Loa kabarnya terus mengalami kenaikan secara bertahap dari dasar laut hingga ke daratan. Dengan tingginya yang mencapai 5,7 mil, Mauna Loa menyabet gelar sebagai gunung tertinggi urutan kesepuluh di tata surya. Pemandangan indah gunung ini dijamin bakal menghipnotis siapapun yang melihatnya secara langsung.
4. Kirkjufell
Gunung ini mungkin terlihat familiar bagi lo yang hobi menonton serial Game of Thrones (GOT). Kirjufell telah sering melatari banyak adegan monumental di serial GOT, salah satunya adalah ketika King Night membuat barisan sejajar bersama pasukan mayat mati atau White Walker. Apabila menyaksikan GOT hingga musim ketujuh, lo tentu mengingat momen saat Daenerys dan naganya menyelamatkan Jon Snow di gunung ini. Musim kedelapan GOT kabarnya akan menampilkan Kirkjufell sebagai latar peperangan antara Jon Snow melawan White Walker. Pertarungan mematikan ini diketahui menjadi salah satu momen paling dinanti penonton di GOT musim kedelapan. Anda bisa menyaksikan padang hijau dengan air terjun saat mendatangi gunung ini saat cuaca cerah. Sementara itu, bila mendatangi Kirjufell pada musim dingin, pendaki bakal melihat gunung ini berkilau dengan salju dengan pemandangan aurora di langit. Dengan bentuknya yang elegan dan simetris, Kirkjufell menjadi salah satu spot foto terfavorit di Islandia.
5. Pegunungan Alpen
Pegunungan Alpen merupakan salah satu pegunungan di Eropa yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Tidak heran apabila banyak para pelancong yang ingin sekali melihat keindahannya secara langsung. Di lembah Pegunungan Alpen juga terdapat tempat yang bernama Engadin. Ketika musim salju, tempat ini memiliki pemandangan yang memukau, karena dikelilingi deretan bukit bersalju. Kalau ke sini, kamu bisa bermain salju sepuasnya. Terdapat pula lapangan luas yang biasanya dijadikan tempat bermain ski. Kamu juga dapat bermain lempar salju bersama keluarga sehingga membuat liburanmu semakin menyenangkan.
6. Davos
Kota ini dikenal dengan kota tertinggi di Swiss yang juga terkenal sebagai lokasi ski dengan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan. Selain itu, terdapat banyak pilihan tempat berbelanja, penginapan yang nyaman, dan lain sebagainya.
7. Puncak Carstensz
Selanjutnya, wisata salju di Indonesia ada di Jayawijaya tepatnya puncak carstensz. Puncak carstensz merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania. Destinasi wisata salju ini masuk dalam jajaran tujuh puncak gunung tertinggi di dunia. Puncak ini merupakan bagian dari pegunungan Jayawijaya yang menyajikan pemandangan salju abadi. Tidak kalah dengan pegunungan di Eropa dataran. Untuk bisa mencapai puncak carstensz tentunya kamu harus melakukan banyak persiapan fisik serta teknik pendakian khusus untuk gunung bersalju.
Demikian informasi mengenai wisata gunung salju yang wajib kamu kunjungi saat musim dingin. Semoga bermanfaat!