Sejarah Ballet
Balet meletakkan dasar bagi gaya tarian lain mulai dari tarian modern dan jazz hingga hip-hop, dan tarian Oriental. Namun, sebelum Anda pergi ke sekolah balet atau mengambil kelas tari, Anda harus mempelajari lebih lanjut tentang bentuk seni.
Seiring waktu, menari menjadi tidak lebih dari sebuah ritual dan lebih merupakan bentuk seni. Balet, seperti yang kita kenal sekarang, berasal dari Renaissance Italia pada abad ke-15.
Etimologi Balet
Kata "balet" berasal dari istilah bahasa Italia “balletto”, dari ballo, yang berarti "menari". Ballo berasal dari bahasa Latin ballo, ballare yang berarti "menari". Kata itu masuk ke bahasa Prancis sebagai "balet" dan tetap sama ketika mulai digunakan dalam bahasa Inggris.
EARLY BALLET
Balet berasal dari Italia pada tahun 1400 dan saat itu masih berupa tarian rakyat, dimana semua orang boleh ikut berpartisipasi atau menari bersama. Kata “ballet” sendiri berasal dari kata “ballo” yang kemudian berkembang menjadi “ballotte” yang artinya “to dance” (menari).
BALLET DE COUR
Pada Tahun 1500-an seorang wanita Italia bernama Catherine de Medici menikah dengan seorang bangsawan Perancis (Raja Henry II) yang kemudian membawa balet ke Perancis. Di Perancis, balet menjadi tarian dalam berbagai acara kerajaan/bangsawan dan hanya boleh ditarikan oleh kalangan kerajaan/bangsawan.
Manfaat menari ballet
Meningkatkan kelenturan
Sama seperti yang Anda lihat di film-film, tari balet mengharuskan Anda untuk memiliki badan yang lentur. Oleh karena itu berlatih tarian ini secara rutin mampu membuat persendian dan tubuh Anda menjadi lentur.
Mengencangkan otot
Otot yang kuat juga diperlukan untuk menari balet. Gerakan tari balet pun juga mampu membuat otot Anda kencang.
Memperbaiki postur tubuh
Balet membantu kamu mendapatkan postur yang ideal. Setiap gerakan membutuhkan perhatian tentang bagaimana kamu harus membawa diri dari satu posisi ke posisi lain. Beberapa gerakan khas balet, seperti Port de Bras dan High Swan Arms bermanfaat dalam memperbaiki postur tubuh yang bungkuk dengan menarik bahu ke belakang dan membuat leher lebih jenjang.
Mempertajam fungsi kognitif
Sejatinya, balet adalah kombinasi dari pilates dan latihan ketahanan. Saat berlatih balet, balerina memerlukan koordinasi nafas sepanjang tarian. Melakukan gerakan yang cukup rumit, seperti lompatan dan putaran menggunakan bobot tubuh sendiri dapat memperkuat core dan tubuh bagian bawah. Saat kamu terus berlatih secara konsisten, hal ini akan mempertahankan integritas gerakan dan keterampilan motorik.
Kekuatan
Manfaat balet untuk anak yang kedua yaitu untuk meningkatkan kekuatan anak. Untuk menahan dan mempertahankan pose balet tertentu, kekuatan sangat penting, terutama saat melakukan gerakan umum yang ketat. Jika kita berpikir bahwa balet adalah tentang fleksibilitas, instruktur balet yang baik akan menunjukkan bahwa fleksibilitas berjalan seiring dengan kekuatan.
Disiplin
Manfaat balet untuk anak yang ketiga adalah meningkatkan disiplin anak. Balet adalah tentang disiplin dan pengendalian diri. Memiliki instruktur yang melatih anak Anda keterampilan hidup yang penting ini merupakan kesempatan yang harus disambut baik. Anak Anda akan mulai belajar bagaimana mengakomodasi orang lain dan menunggu giliran mereka dalam antrean.
Mereka akan belajar kebajikan seperti berbagi dan memperhatikan orang lain. Mereka akan belajar untuk berbagi sorotan dengan orang lain juga. Mereka juga akan belajar bahwa aturan harus dipatuhi dan bahwa perilaku mereka menarik konsekuensi positif atau negatif.
Jenis sepatu ballet
Ada dua tipe sepatu balet berdasarkan tipe sol yang digunakan. Tipe pertama adalah sol penuh (full sole) dan yang kedua adalah sol terpisah (split sole).
-Sol Penuh (Full Sole)Sepatu pertama yang digunakan oleh para penari balet pemula adalah jenis sol penuh. Sepatu ini memiliki sol yang bersambung mulai dari depan hingga belakang tanpa jeda. Sol yang digunakan terbuat dari bahan yang lentur sehingga cukup nyaman digunakan untuk melakukan latihan harian sebelum tampil dalam pertunjukan yang sesungguhnya.
-Sol Terpisah (Split Sole)Setelah menguasai teknik dasar tari balet dengan baik, para penari balet akan berpindah menggunakan jenis sepatu dengan sol terpisah. Sepatu balet dengan jenis ini hanya memiliki sol pada bagian depan dan belakang. Permukaan yang tebal tidak ada di bagian tengah sehingga untuk membuat arch atau melengkungkan telapak kaki akan lebih mudah.
Itulah sejarah , jenis sepatu , dan manfaat dari menari ballet.Semoga dapat membantu kalian yang ingin mendalami olahraga ini.