Spesies Mawar Rosa Persica
Rosa persica adalah spesies mawar anomali yang pada suatu waktu ditempatkan dalam genus terpisah Hulthemia.
Rosa persica adalah spesies bercabang jarang, menyebar, naik hingga 50cm dengan daun abu-abu keperakan yang terdiri dari selebaran tunggal. Bunga tunggal kecil, yang diproduksi secara sporadis di akhir musim semi dan awal musim panas, berwarna kuning cerah dengan bercak merah tua di dasar setiap kelopak.
Jenis mawar ini sebenarnya bukan hal baru, tetapi merupakan contoh bagus dari apa yang dapat dihasilkan dari bertahun-tahun berkembang biak dengannya. Asal-usul mereka melacak kembali ke Hulthemia persica atau Rosa persica , subgenus dari keluarga Rosa asli Iran, Afghanistan dan Asia Tengah. Tanaman dan bunga tidak ada yang istimewa – tanaman yang tumbuh luas dengan sedikit bunga pada waktu terbaik. Mereka berbeda dengan memiliki bercak coklat di tengah bunga kuning tunggal.
Ciri khasnya antara lain daun sederhana tanpa stipula (kebanyakan daun mawar menyirip dengan 3 sampai 7 helai daun, dan memiliki stipula), dan bunga khas dengan zona tengah berwarna lebih gelap. Di habitat aslinya, ini adalah gulma yang berakar dalam yang menyedot – tumbuh di ladang Iran misalnya, di mana ia dikumpulkan untuk bahan bakar setelah tanaman biji-bijian dipanen – tetapi sulit untuk tumbuh di kebun dan jarang dibudidayakan. kadang-kadang dianggap sebagai varietas spesies ini, seperti R. persica var. berberifolia.
Demikianlah uraian mengena rosa persica. Semoga bermanfaat!