Cincin Planet Jupiter
Jupiter adalah planet gas yang terdapat berbagai macam badai pada lapisan atmosfernya. Letak Jupiter ada di antara Mars dan Saturnus dan merupakan planet kelima terdekat dari Matahari. Jupiter diambil dari nama dewa Jupiter dalam mitologi Romawi. Planet ini memiliki medan magnet yang sangat kuat dan memiliki banyak satelit alami atau bulan.
Planet yang berada di luar sabuk asteroid ini memiliki berbagai macam fakta yang menarik untuk dibahas. Artikel ini akan membahas mengenai apa saja fakta jupiter.
1. Durasi Hari Terpendek Sejagat
Rotasi Jupiter hanya membutuhkan waktu sembilan jam 55 menit waktu bumi. Kecepatan rotasi ini menyebabkan Jupiter berbentuk oblate/lonjong. Jupiter memiliki kecepatan rotasi sebesar 12,6 kilometer per detik. Kecepatan ini membuat Jupiter memliki medan magnet yang sangat kuat, serta dapat memancarkan radiasi yang berbahaya di sekitar planetnya.
2. Jupiter adalah bintang gagal
Astronom menyebut Jupiter sebagai bintang yang gagal. Hal ini disebabkan karena di Jupiter banyak sekali hidrogen dan helium seperti pada bintang pada umumnya. Namun, Jupiter tidak punya massa yang cukup untuk memicu reaksi fusi pada inti planet untuk memulai pembakaran sebagai proses utama hidupnya bintang.
3. Jupiter juga memiliki cincin
Tidak hanya Saturnus saja yang memiliki cincin. Jupiter juga merupakan planet yang memiliki cincin. Hanya saja cincin Jupiter sangat tipis sehingga tidak terlihat dengan jelas. Cincin Jupiter terdiri dari tiga bagian yaitu cincin halo, cincin utama dan cincin gossamer. Cincin Jupiter terbuat dari debu.
4. Awan Di Jupiter Tebalnya Hanya 50 km
Semua awan berputar dan badai indah yang Anda lihat di Jupiter hanya setebal 50 km. Mereka terbuat dari kristal amonia yang dipecah menjadi dua dek awan yang berbeda. Materi yang lebih gelap dianggap sebagai senyawa yang dibawa dari dalam Jupiter dan kemudian berubah warna ketika bereaksi dengan sinar matahari. Tapi di bawah awan itu, hanya ada hidrogen dan helium sampai ke bawah.