Mengenal Kepulauan Lofoten
Lofoten adalah rantai pulau di Nordland di sepanjang sisi utara Vestfjord.
Kepulauan Lofoten berada di pulau bagian utara dari Norwegia. Lofoten adalah salah satu tempat populer yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Wilayahnya yang terdiri dari berbagai pulau menjadikan Lofoten menjadi salah satu bagian indah dari Norwegia. Lofoten dikelola oleh kotamadya Vågan, Vestvågøy, Flakstad, Moskenes, Værøy dan Little Røst, jauh di lautan di barat daya. Daerah ini menawarkan berbagai pengalaman. Nikmati safari paus atau perjalanan kayak. Naik kuda, atau gunakan kaki Anda untuk mencapai banyak puncak gunung. Pergi memancing di laut untuk ikan cod sepanjang satu meter, ikuti ekspedisi bersepeda atau menginap di gubuk nelayan asli.
Selain itu, ada banyak pulau kecil dan pulau karang (pulau berbatu dan terumbu karang). Panjang total kepulauan ini sekitar 110 mil (175 km). Sebuah fjord yang luas dan dalam, Vesterålsfjorden, terletak di antara Lofoten dan daratan utama. Pulau-pulau, yang terdiri dari batuan vulkanik (gneiss dan granit), adalah puncak yang sangat terkikis dari pegunungan yang sebagian terendam. Puncak tertinggi adalahHigravtinden (3.760 kaki [1.146 meter]) di Austvågøya. Di utara Lingkaran Arktik, pulau-pulau itu tersapu oleh Arus Atlantik Utara yang hangat , yang mengubah iklim mereka.
Popularitas Lofoten naik drastis beberapa tahun ke belakang sejak seorang fotografer memamerken jepretan fotonya di Instagram. Banyak orang akhirnya penasaran dimana pulau cantik itu berada, hingga di tahun 2017, lebih dari 1 juta pengunjung memadati pulau ini setiap tahun. Padahal penduduk asli Lofoten sendiri tidak lebih dari 25 ribu jiwa. Puncak keramaian turis biasanya dimulai akhir Juni hingga pertengahan Agustus tepat saat liburan sekolah. Kami cukup beruntung datang kesini di awal Juni sebelum libur sekolah musim panas. Sudah terlihat beberapa rombongan turis memang, terutama dari Jerman dan Amerika, namun kebanyakan para lansia yang berjalan sambil menggendong kamera mereka.
Kepulauan ini telah terhubung dengan jalan raya pada tahun 2007 setelah sebelumnya hanya bisa dilalui menggunakan ferry, dan terowongan kecil serta jembatan. Pulau Lofoten menawarkan pemandangan indah dengan deretan rumah-rumah nelayan di pinggir pantai. Total populasi di Lofoten hanya sekira 25 ribu jiwa. Sehingga Anda tak perlu takut terganggu dengan banyaknya orang di sekeliling Anda saat berlibur. Bahkan beberapa pulau tak tersentuh dan dibiarkan liar. Dari kejauhan, Kepulauan Lofoten terlihat seperti barisan pegunungan yang menjulang tinggi dari laut, itulah sebabnya mereka juga disebut Tembok Lofoten . Bagian pegunungan, yang membentuk sebagian besar pulau, sebagian besar atau kecil dikelilingi oleh pantai datar, daerah pantai . Hampir semua penduduk tinggal di sini, terutama menuju Vestfjorden di sisi selatan. Pemukiman kebanyakan berkumpul di kota- kota atau desa- desa nelayan . Pengecualian adalah Vestvågøya, di mana peluang pertanian yang baik, juga di bagian dalam, telah menciptakan dasar untuk pemukiman yang lebih tersebar. Iklim pesisir di Lofoten membuat musim dingin sejuk dan musim panas relatif sejuk.
Demikian informasi mengenai kepulauan lofoten. Semoga bermanfaat!