Gunung Di Selandia Baru
Sebagai negara yang tertutupi Ring of Fire, gunung menjadi salah satu goresan alam yang dimiliki Selandia Baru.
Selandia Baru adalah satu dari sejumlah negara yang banyak difavoritkan traveler dunia sebagai tujuan wisata lantaran alamnya yang cantik. Dan bicara soal pesona alam Selandia Baru, tentu tak bisa dilepaskan dari deretan pegunungan indahnya. Karena Selandia Baru memang identik dengan puncak-puncak pegunungan yang sangat indah dan mudah diakses oleh traveler dari seluruh dunia. Berikut ini gunung paling menakjubkan di Selandia Baru yang bisa di jadikan referensi:
1. Tongariro National Park
Tongariro National Park adalah bagian dari UNESCO World Heritage Sites dan menjadi rumah dari tiga gunung yang menakjubkan. Gunung Ruapehu, Ngauruhoe, dan Tongaririo menjadikan taman tersebut sebagai rumah mereka. Cara terbaik untuk melihat ketiganya adalah dengan mengikuti tur berjalan kaki siang hari Tongariro Alpine Crossing melalui lanskap vulkanis di tengah Noth Island yang ternama di dunia. Tongariro National Park menjadi latar Mordor dalam trilogi film The Lord of the Ring.
2. Gunung Taranaki
Gunung Taranaki adalah gunung vulkanis yang sempurna, dengan Egmont National Park Taranaki. Gunung ini baru saja mendapat peringkat kedua wilayah terbaik di dunia dalam Lonely Planet’s Best in Travel 2017. Gunung yang menjadi penghias utama cakrawala Taranaki, punya daya Tarik istimewa yang dirahasiakan seperti Pouakai Crossing.
3. Taman Nasional Tongariro
Tercatat sebagai Situs Warisan Dunia budaya dan alam UNESCO, Tongaringo National Park merupakan taman tertua di Selandia Baru. Di sini, kamu bisa menjelajahi tiga gunung sekaligus, yakni Gunung Ngauruhoe, Gunung Tongariro dan Gunung Ruapehu. Perjalanan sehari yang dikenal dengan nama Tongariro Alpine Crossing, kamu bisa menjelajahi semua kawasan yang menjadi lokasi syuting Trilogi The Lord of The Ring ini.
4. Puncak Mitre
Berbeda jauh dari perairan tenang Milford Sound, Puncak Mitre menjulang tinggi di atas turis yang datang untuk menyaksikan keajaiban dunia ke delapan. Bentuk mengagumkan Puncak Mitre menambah drama dari lanskap sekitarnya. Beragam pilihan perjalanan kapal pesiar dapat dipilih oleh para pengunjung dari Milford Sound, termasuk petualangan satu malam yang seluruhnya menampilkan pemandangan ikonik puncak ini.
5. Aoraki-Gunung Cook
Gunung paling menakjubkan di Selandia Baru di urutan kedua yaitu ada Aoraki-Gunung Cook yang menjadi gunung tertinggi di Selandia Baru. Gunung dengan ketinggian 3724 Mdpl ini jadi bagian dari International Dark Sky Reserve yang terkenal punya pemandangan langit malam yang jernih abis lho, Superfriends. Dilansir dari laman Ilmu Geografi, Gunung Cook ini punya 3 titik puncak, yaitu puncak pertama atau low peak dengan tinggi 3.593 Mdpl, puncak kedua atau middle peak berada di ketinggian 3.717 Mdpl dan yang ketiga yaitu high peak di ketinggian 3.724 Mdpl.
6. Mitre Peak
Mitre Peak adalah bagian dari lanskap Milford Sound yakni, danau dengan perairan jernih yang menjadi destinasi ikonik di Selandia Baru. Bukan perkara mudah untuk kamu bisa menaklukkan Mitre Peak. Pasalnya, pegunungan tersebut menyuguhkan trek yang terjal, bebatuan tajam dengan dinding pendakian vertikal. Terlebih sama sekali tidak ada sumber air yang bisa kamu manfaatkan. Pembekalan yang cukup, tubuh yang fit adalah beberapa hal yang harus kamu siapkan jika ingin menaklukkan gunung dengan panorama alam indah satu ini.
Nah itulah deretan gunung terindah di selandia baru. Semoga bermanfaat!