Mengenal Desa Oia
Oia atau Ia adalah sebuah desa kecil yang terletak di pulau Thira (Santorini), Kepulauan Kyklades, Yunani.
Oia merupakan salah satu destinasi teratas para wisatawan yang berkunjung ke Santorini. Oia atau Ia (bahasa Yunani: Οία, diucapkan) adalah sebuah desa kecil dan bekas komunitas di Laut Aegea di pulau Thira (Santorini) dan Therasia, di Cyclades, Yunani. Sejak reformasi pemerintah lokal tahun 2011 telah menjadi bagian dari kotamadya Santorini, yang merupakan unit kotamadya. Ini mencakup seluruh pulau Therasia dan bagian barat laut Santorini, yang dibagi dengan unit kotamadya Santorini. Jalan utama bernama Nikolaou Nomikou. Populasi adalah 1.545 penduduk pada sensus 2011, dan luas lahan adalah 19.449 km2.
Oia adalah salah satu desa yang paling ikonik se-dunia. Sebelumnya dikenal dengan nama Apano Meria, dan penduduknya sampai saat ini disebut Apano Merites. Desa ini berkaitan erat dengan sejarah maritim Yunani. Karena pelabuhannya yang strategis, Oia menjadi salah satu destinasi pelayaran paling populer dan berjaya dari abad 19 hingga 20. Maka bisa kita duga bahwa sebagian besar penduduknya adalah pelaut. Zaman dahulu di Yunani, yang bisa membangun rumah di puncak bukit hanyalah kalangan atas. Maka pelaut-pelaut ini membangun rumah-rumah mereka sangat dekat dengan laut. Masalah yang timbul adalah di dekat laut hanya ada tebing-tebing yang curam. Maka pelaut-pelaut ini mulai melubangi tebing-tebing. Bukannya membangun rumah, mereka ‘membentuk’ rumah dari tebing-tebing yang ada.
Desa ini juga terletak di atas tebing yang mengesankan dan menawarkan pemandangan spektakuler gunung berapi Palia dan Nea Kameni dan pulau Thirassia. Ini adalah desa tradisional dengan rumah-rumah menawan di jalan-jalan sempit, gereja-gereja berkubah biru, dan beranda bermandikan matahari. Jalan-jalannya memiliki banyak toko wisata, kedai minuman, kafe, dan toko-toko lainnya. Di pintu masuk desa ada sebuah parkir mobil di mana pengunjung dapat meninggalkan kendaraan mereka dan menikmati berjalan-jalan di jalur yang indah. Gunung berapi dari sini jauh lebih mengesankan tetapi Anda masih bisa mendapatkan beberapa pemandangan yang indah. Oia memiliki beberapa atraksi budaya seperti Museum Maritim yang menyimpan perpustakaan kecil, barang-barang dari kehidupan maritim daerah tersebut, dan sisa-sisa benteng Venesia.
Oia juga punya spot menarik bernama Amoudi Bay yang jadi favorit para wisatawan untuk berenang. Di Oia Yunani iklim umumnya sedang dan ringan. Musim dingin adalah musim hujan dan musim panas panas dan kering. Suhu maksimum absolut yang tercatat adalah 40 ° C (104 ° F) pada bulan Juni dan minimum absolut pada bulan Desember adalah 0 ° C (32 ° F). Kecepatan angin bervariasi antara 56 kilometer per jam (35 mil per jam) pada bulan Agustus dan 98 km / jam (61 mph) pada bulan Oktober dan Februari.
Demikian informasi mengenai desa oia di yunani. Semoga bermanfaat!