Tempat Melihat Bintang
Pemandangan langit malam selalu menjadi keindahan tersendiri, sekaligus misteri membuat orang bertanya-tanya ada apa di luar sana.
Bukan hanya gedung tinggi dan salju, ada beberapa tempat terbaik yang memberikan suasana liburan yang romantis. Tempat-tempat ini menawarkan keindahan malam bertabur bintang-bintang. Liburan di tempat ini akan memberikan kesempatan untuk kalian menyaksikan keindahan rasi bintang-bintang dan galaksi bimasakti yang tak bisa dilihat di kota-kota besar karena tingginya polusi. Berikut tempat-tempat terbaik untuk melihat bintang malam :
1. Dataran tinggi Skotlandia
Dataran tinggi Skotlandia memiliki langit gelap yang cocok untuk melihat bintang-bintang. Ketika kamu berada disini, kamu dapat melihat bintang jatuh, planet, bimasakti, dan rasi bintang lainnya. Waktu terbaik untuk melihat bintang adalah setengah jam setelah matahari terbenam dan ketika bulan tidak muncul. Pemandangan ini bisa dilihat dengan mata telanjang atau obor merah. Pengalaman terbaik adalah ketika kamu melihat bintang Aurora Borealis di langit yang indah.
2. Kubah Argus
Dilansir dari Lonely Planet, bintang-bintang itu bisa diamati dari teleskop di dataran tinggi 4 kilometer di atas permukaan air laut yang disebut Kubah A. Kubah A atau Kubah Argus adalah kubah es tertinggi di kutub dataran tinggi Antartika. Berada kira-kira 1.200 kilometer dari laut di benua terdingin. Menurut para ilmuwan, kita bisa menikmati bintang di sana tanpa kelap-kelip yang menggangu seperti biasanya. Artinya kita bisa melihat bintang secara detail. Turbulensi atmosfer bumi membuat cahaya yang dipancarkan dari bintang goyah sehingga membuatnya tampak berkelip-kelip.
3. Taman Nasioal Gunnison
Tak hanya sarat akan adventure travel, taman nasional selalu bisa jadi tempat untuk menghabiskan malam-malam berteman ketenangan alam, termasuk di Gunnison. Kalau kamu mendirikan tenda di dekat danau, maka pemandangan yang tersaji adalah ratusan titik cahaya bintang yang terpantul dengan indah di air.
4. Mauna Kea, Hawai
Di puncak gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini, terdapat 13 teleskop besar di ketinggian 4200 meter di bagian paling selatan pulau Hawai. Di kegelapan sempurna tanpa polusi cahaya, para ilmuwan dapat mengamati alam semesta, termasuk mendeteksi cahaya dari galaksi yang sangat jauh letaknya.
5. Gurun Namib, Namibia
Gurun Namib memiliki wilayah yang datar sehingga memberikan pandangan astronomi 360 derajat langit. Gurun ini terbebas dari polusi sehingga pemandangan langit sangat gelap. Ini dijadikan tempat terbaik untuk menyaksikan bintang di langit. Ada sebuah observatorium di mana seorang penduduk membantu pengunjung menavigasi teleskop 12 inci. Beberapa pemandangan indah layak kamu kunjungi.
6. Taman Nasional Reef
Masih di kawasan Utah, namun kali ini melihat sisi bagian selatan. Punya topografi yang berbeda di tiap sisinya, membuat Utah selalu menarik untuk dijelajahi. Kalau kamu ingin mencoba pengalaman baru, coba tidur tanpa atap di Taman Nasional Reef dan melihat bintang langsung di langit malam.
7. Trysil, Norwegia
Di Eropa, salah satu tempat terbaik untuk melihat bintang adalah di Trysil, Norwegia. Langit jernihnya yang membentang luas seolah-olah hendak menelan siapapun yang ada di sana. Tak hanya berburu bintang dan Galaksi Bimasakti, kalau waktunya tepat, Anda akan mendapatkan bonus luar biasa berupa pertunjukan cahaya warna-warni dari Aurora Borealis atau yang juga disebut Northern Lights.
Nah itulah beberapa tempat terbaik melihat bintang malam. Semoga bermanfaat!