Manfaat Taman Nasional
Taman Nasional merupakan suatu kawasan hijau yang dijadikan sebagai daerah untuk melestarikan alam.
Taman Nasional merupakan suatu daerah pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang digunakan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Taman nasional yaitu satu diantara kawasan konservasi yang berisikan aspek pelestarian dan pemanfaatan. Di awalnya, gagasan pembentukan taman nasional atau national park awalnya muncul di abad ke-19. Kemudian diawal terbentuknya taman nasional di Indonesia terjadi di era tahun 80-an. Penetapan taman nasional pada saat itu dilatarbelakangi oleh perubahan status pengelolaan terhadap kawasan yang sebelumnya sudah ditentukan pemerintah Hindia Belanda sebagai suaka ala, cagar alam, margasatwa serta juga monumen alam.
Taman Nasional memiliki beberapa fungsi sebaagai berikut:
1. Pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa
Pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya, dilaksanakan melalui kegiatan: pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya dan pengawetan jenis tumbuhan dan satwa. Melalui fungsi ini keanekaragaman dan jenis satwa dan tumbuhan akan lestari dan dapat disaksikan oleh generasi yang akan datang.
2. Pelestarian proses ekologis
Fungsi pelestarian proses ekologis meliputi perbaikan dan pengedaran nutrisi, pembentukan tanah, sirkulasi dan pembersihan udara dan air, mendukung udara global, memberikan keseimbangan air, memberikan oksigen, dan menyerap karbondioksida.
3. Fungsi konsumsi
Fungsi konsumsi merujuk pada pemanfaatan taman nasional oleh masyarakat sekitar. Misalnya masyarakat memeroleh kayu bakar dan makanan untuk menunjang kebutuhan hidup mereka. Pemanfaatan ini hanya bisa dilakukan di zona pemanfaatan.
4. Menstabilkan Iklim
Taman Nasional memiliki cara tersendiri dalam membantu membentuk curah hujan. Kemampuannya yang dapat mengatur siklus pelepasan uap air menuju atmosfer menyebabkan keteraturan turunnya hujan bahkan saat musim kemarau sehingga tumbuhan dan seluruh ekosistem yang ada di daerah Taman Nasional tidak akan merasakan kekeringan.
5. Tempat Penelitian dan Pendidikan
Aneka tumbuhan dan hewan di Taman Nasional juga dapat dijadikan subjek dan objek penelitian oleh para ahli dan pelajar dari berbagai bidang. Pengetahuan akan alam yang semakin dilupakan akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup setiap makhluk di muka bumi. Dengan meneliti Taman Nasional juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya daerah hijau bagi kehidupan bersama dan keseimbangan alam. Hasil penelitian juga tentunya akan sangat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan.
6. Perlindungan sistem penyangga kehidupan
Sistem penyangga kehidupan merupakan satu proses alami dari berbagai unsur hayati dan non hayati yang menjamin kelangsungan kehidupan makhluk. Perlindungan sistem penyangga kehidupan ditujukan bagi terpeliharanya proses ekologis yang menunjang kelangsungan kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia.Perlindungan sistem penyangga kehidupan antara lain meliputi fungsi sebagai pencegah hilangnya air tanah, menyimpan cadangan air, mencegah banjir, menghasilkan oksigen, mencegah longsor, menjaga keasrian dan kesejukan.
Nah itulah manfaat dari taman nasional. Semoga bermanfaat!