Manfaat Hutan Bagi Kehidupan
Hutan adalah sebuah area luas yang dipenuhi pepohonan dan tanaman yang lebat.
Hampir sepertiga daratan di bumi tertutupi oleh hutan untuk menyediakan infrastruktur organik penting bagi kehidupan. Mulai dari air yang kita minum hingga udara yang kita hirup berasal dari hutan. Di planet bumi, hutan menjadi tempat beberapa koleksi kehidupan yang paling padat dan beragam. Mengutip dalam forestdigest , definisi hutan adalah sebuah lahan terbuka yang diisi oleh beragam jenis pepohonan dan vegetasi lainnya, salah satu fungsi hutan yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai penyedia air penunjang kehidupan kita. Berikut manfaat hutan bagi kehidupan:
1. Tempat cadangan air tanah
Jika dibandingkan dengan lahan kosong, hutan mampu menampung air hujan yang selanjutnya berfungsi sebagai tempat cadangan air tanah. Dengan demikian, hutan membantu menghindari tanah longsor serta bencana alam banjir.
2. Sumber Okisgen
Manfaat hutan yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai paru-paru dunia, hutan menjadi sumber bagi udara bersih atau oksigen yang kita rasakan setiap harinya. Selain itu hutan juga bermanfaat sebagai tempat tinggal bagi jutaan spesies tanaman dan hewan yang hidup di bumi. Faktanya hutan juga berperan sebagai pengatur perubahan iklim yang terjadi pada berbagai daerah di belahan dunia.
3. Hutan Menjaga Bumi Tetap Dingin
Pohon juga punya cara lain untuk mengalahkan panas: menyerap CO2 yang memicu pemanasan global. Tumbuhan selalu membutuhkan sejumlah CO2 untuk fotosintesis, tetapi udara di bumi sekarang begitu pekat dengan emisi ekstra sehingga hutan melawan pemanasan global hanya dengan bernapas. CO2 disimpan dalam kayu, daun dan tanah, seringkali selama berabad-abad.
4. Membersihkan Udara Kotor
Tanaman hias berukuran kecil di pekarangan rumah dapat membersihkan udara yang kotor. Lebih dari itu, hutan dapat membersihkan polusi udara dalam skala yang jauh lebih besar. Pohon mampu menyerap berbagai polutan di udara, mulai dari karbon dioksida, nitrogen dioksida, dan sulfur dioksida.
5. Menahan banjir dan mencegah tanah longsor
Saat menyerap air tanah, hutan dapat menahan banjir dan tanah longsor. Sementara itu, saat turun hujan, akar tanaman pun dapat menahan air dan erosi. Dengan demikian, hutan dapat menjaga keamanan dan keberlangsungan kehidupan.
6. Hutan Membersihkan Tanah yang Kotor
Selain menahan tanah pada tempatnya, hutan juga dapat menggunakan fitoremediasi untuk membersihkan polutan tertentu. Pohon dapat mengeluarkan racun atau menurunkannya menjadi kurang berbahaya. Ini adalah keterampilan yang berguna, membiarkan pohon menyerap luapan limbah, tumpahan di pinggir jalan, atau limpasan yang terkontaminasi.
7. Hutan Menyembuhkan Makhluk Hidup
Hutan memberi kita banyak pengobatan alami, dan semakin menginspirasi spin-off sintetis. Teofilin obat asma berasal dari pohon kakao, sementara senyawa di jarum cedar merah timur melawan bakteri yang resistan terhadap obat. Sekitar 70% dari tanaman yang diketahui memiliki sifat melawan kanker hanya terdapat di hutan hujan, namun kurang dari 1% tanaman hutan hujan tropis yang telah diuji untuk efek pengobatan.
8. Menciptakan Lapangan Kerja
Sekitar 1,6 miliar orang menggantungkan hidupnya pada hutan untuk mata pencaharian. PBB mengatakan bahwa 10 juta orang dipekerjakan secara langsung dalam konservasi hutan. Selain itu, hutan memproduksi kayu dan produk non kayu sekitar 1% dari produk domestik bruto global.
Nah itulah beberapa manfaat hutan bagi kehidupan. Semoga bermanfaat!