7 Manfaat Sungai
Sungai menjadi salah satu bagian penting bagi manusia yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Dalam evolusi manusia, sungai dan danau memainkan peran yang tak terbayangkan. Sungai tidak hanya penting bagi hewan dan burung untuk hidup, tetapi juga merupakan sumber utama air minum. Dan nilai lingkungan, nilai ekonomi, dan nilai spiritual mereka menyentuh semua orang di dunia. Sungai yang terjaga kebersihannya bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk manusia dan alam. Sungai adalah aliran alami dari permukaan Bumi untuk mengalirkan air dari hulu ke hilir. Bentuk-bentuk sungai ada bermacam-macam, mulai dari lurus saja sampai bercabang-cabang membentuk sungai yang lebih kecil. Berikut ini manfaat sungai bagi manusia:
1. Sarana Transportasi
Sungai yang membentang luas dapat dimanfaatkan menjadi jalur transportasi air. Sungai menjadi jalur transportasi bagi beberapa daerah di dunia. Sementara di Indonesia, pulau Kalimantan dan Sumatera menjadi dua pulau yang dihubungkan oleh sungai-sungai besar. Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini sungai-sungai tersebut masih dimanfaatkan masyarakat sebagai jalur transportasi. Selain itu, sungai juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk perdagangan. Sungai berperan penting untuk memindahkan atau menghubungkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Sungai dapat menjadi salah satu sarana transportasi yang murah dan tidak menimbulkan efek polusi udara.
2. Sumber Tenaga Terbarukan untuk Pembangkit Listrik
Sungai yang memiliki aliran deras bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber energi listrik bagi manusia. Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bisa dilakukan pada sungai yang mempunyai aliran deras. Aliran air tersebut bisa menggerakan generator yang akan menghasilkan listrik untuk dialiri ke rumah-rumah penduduk sekitar.
3. Sebagai Sumber Mata Pencaharian
Sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian. Jika kondisi sungai bersih dan terhindar dari pencemaran. Tentunya, sungai jadi tempat yang aman untuk ikan dan makhluk hidup lainnya bisa berkembang biak di air sungai. Dengan begitu, manusia bisa menangkap ikan dan menjualnya untuk memperoleh pemasukan yang digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya. Dari sungailah, sumber mata pencaharian manusia bisa bertambah.
4. Tempat untuk Rekreasi
Manfaat sungai bagi manusia yang selanjutnya adalah bisa menjadi tempat untuk rekreasi. Anda bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi sungai dan menikmati pemandangan indah yang berada di sekitar sungai tersebut. Tidak hanya itu saja, sungai dengan arus yang deras bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat rekreasi arung jeram.
5. Sebagai Penampung Air Hujan dan Mengalirkan Air Hujan
Manfaat lain dari sungai yaitu menampung air hujan yang turun ke bumi. Peran ini penting bagi sungai agar bisa mengalirkan air hujan yang tertampung untuk dialirkan kembali ke laut. Sungai akan menggerakkan debit air dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Untuk itu, kita harus menjaga sungai, agar sungai bisa menampung air hujan dan tidak menyebabkan banjir bandang.
6. Meningkatkan Kesejahteraan Mental
Selain menjadi sumber mata air bersih, sungai dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memunculkan inspirasi dan meningkatkan kesejahteraan mental bagi individu. Beberapa orang kerap mencari ketenangan dan mendapatkan pencerahan dengan memanfaatkan sungai. Sungai dengan suara riak airnya mampu memberikan ketenangan. Grameds dapat memanfaatkan sungai untuk meningkatkan kesejahteraan mental. Suara riak air sungai yang memberikan ketenangan dapat membuat perasaan menjadi rileks dan tebebas dari risiko stres.
7. Sumber Irigasi bagi Pertanian
Manfaat sungai yang terakhir adalah bisa menjadi sumber irigasi bagi pertanian. Tanaman seperti padi membutuhkan air dalam jumlah yang banyak supaya bisa tumbuh dengan baik. Petani akan memanfaatkan air sungai untuk menjadi irigasi bagi tanaman padi.
Nah itulah beberapa manfaat sungai bagi manusia. Semoga bermanfaat!