Mengenal Gunung Muztagh Ata
Muztagh Ata berarti bapak gunung gletser dalam bahasa lokal, salah satu dari tiga gunung paling tinggi di jajaran Pamir Cina.
Muztagh Ata atau Muztagata adalah tertinggi kedua (7509 meter) dari pegunungan yang membentuk tepi utara Dataran Tinggi Tibet di Cina. Kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari Pegunungan Kunlun, meskipun secara fisik lebih dekat dengan Pamir. Ini juga merupakan salah satu puncak 7.000 m yang relatif lebih mudah di dunia untuk didaki, karena lereng baratnya yang landai dan cuaca Xinjiang yang relatif lebih kering, meskipun periode aklimatisasi menyeluruh dan kondisi fisik yang sangat kuat sangat penting untuk keberhasilan.
Sebagai bagian paling barat dari Pegunungan Kunlun, ia membentang sekitar 200 mil (320 km) di sepanjang sumbu utara-barat laut dan selatan-tenggara yang sejajar dengan tepi timur pegunungan Pamir dan menjulang hingga 25.325 kaki (7.719 meter) di Gunung Kongur (Gonggeer). puncak dariMuztagata (24.757 kaki [7.546 meter]) di pegunungan ini dijuluki "bapak gletser" dan terletak sekitar 100 mil (160 km) barat daya kota Kashgar (Kashi). Ada dua jalur menuju puncak Muztagh ata, yaitu jalur punggungan barat (jalur tradisional) dan jalur punggungan selatan (jalur baru). Setiap tahun, ada ratusan pendaki yang datang ke SM Muztagh Ata untuk mendaki dan wisata ski. Muztag Ata adalah gunung tertinggi untuk ski di dunia. Di atas ketinggian 7500m, suhu rata-rata sekitar -20°C dan sering disertai angin kencang 7 derajat.
Penjelajah dan ahli geografi Swedia Sven Hedin melakukan upaya pertama yang tercatat untuk mendaki Muztagh Ata, pada tahun 1894. Pada ekspedisi pertamanya pada tahun 1900 Aurel Stein mencapai puncak saat melintasi Karakorum Pass. Upaya tambahan dilakukan pada tahun 1900, 1904 dan 1947, yang terakhir oleh tim Eric Shipton dan Bill Tilman yang datang sangat dekat ke puncak tetapi ditolak karena salju yang dingin dan dalam. Pendaki gunung berangkat untuk menyerbu puncak pada 10 Juli ketika mereka mendirikan kamp sementara pertama di ketinggian 4600m. Sejak pendakian pertama, banyak pendakian Muztagh Ata telah dilakukan. Pada tahun 1980, sebuah pesta yang dipimpin oleh Ned Gillette membuat pendakian/penurunan ski dari rute standar, pendakian ski pertama dari gunung lebih dari 7.500 m (24.600 kaki). Pendakian dari punggungan tenggara yang jauh lebih sulit dilakukan pada tahun 2000.
Untuk pertama kalinya Muztag Ata terlihat seperti kubah dengan lereng yang landai, tetapi dianggap sebagai pendakian ketinggian yang sangat baik termasuk beberapa masalah teknis. Suhu rata-rata di atas 7200 m bisa serendah -20°C (terendah adalah -30°C ). Musim terbaik untuk mendaki adalah Juni-Agustus dan paruh pertama September. Posisi Muztag Ata adalah bujur 75,1° BT dan 38,5° LU. Seperti biasa, Anda perlu mendirikan 3 kamp ketinggian di atas 5000 m. Jarak vertikal adalah 3100 m.
Demikian informasi mengenai gunung muztag ata. Semoga bermanfaat!