Tips Melihat Aurora
Ketika mendengar musim dingin, yang terlintas di benak kita salah satunya adalah fenomena alam yang luar biasa, Aurora Borealis.
Menikmati aurora di kutub utara (Aurora Borealis) merupakan mimpi dari sejumlah wisatawan dunia. Pada dasarnya, aurora ini dapat dilihat dari lebih dari 10 negara yang hampir kesemuanya beradanya di Samudera Arktik. Tentunya, menikmati pemandangan cahaya ini tidaklah terlalu sulit, Kawan Rantau. Kamu hanya perlu berada di tempat dan waktu yang tepat untuk bisa menikmati keindahan aurora di kutub utara ini. Jika Anda berencana menikmati suasana aurora, berikut ini tipsnya:
1. Bulan Terbaik untuk Melihat Aurora
Waktu yang tepat untuk bisa melihat aurora dari negara Norwegia adalah pada pertengahan bulan September hingga awal April. Pada waktu tersebut langit terlihat paling gelap dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Sehingga keindahan aurora dapat terpancar dengan jelas. Tapi yang perlu kamu perhatikan adalah pada waktu itu termasuk dalam musim dingin. Terkadang hal tersebut akan membuat kamu kesulitan untuk berjalan ke luar untuk menikmati keindahan aurora.
2. Mencari Lokasi Penginapan yang Tepat
Setelah sampai di Trondheim, sebaiknya Anda mencari penginapan di tempat yang lebih sepi dan minim cahaya. Sehingga kesempatan untuk menyaksikan aurora dari penginapan akan lebih besar. Suasana aurora akan bertambah istimewa di tempat-tempat yang terdiri dari hutan. Sebab jarak pandang Anda tak akan terganggu oleh bangunan dan gedung-gedung tinggi.
3. Pilih Daerah yang Terpencil
Umumnya, orang rela memilih daerah Tromso sebagai destinasi untuk melihat aurora. Sayangnya, hal itu hanya mengeluarkan biaya yang lebih besar. Bila ingin menghemat biaya, kita bisa memilih daerah terpencil di sebelah selatan Trondheim. Lajukan saja mobil sewaanmu dari Oslo, dan di malam pertama perjalanan kalian bisa melihat aurora sebelum tiba di sana.
4. Sebaiknya Menyewa Mobil Bersama Rombongan
Biaya hidup di Norwegia memang tergolong tinggi. Itulah sebabnya lebih baik jika kita menyewa mobil bersama rombongan untuk pergi ke desa-desa kecil. Karena fenomena aurora terlihat lebih jelas di kawasan yang agak terpencil. Salah satu destinasi fenomena aurora paling populer di Norwegia adalah Trondheim. Selain Trondheim, Anda juga bisa menyaksikan aurora di desa-desa lainnya yang minim polusi cahaya. Karena pancaran cahaya yang intensitasnya terlalu kuat akan membuat aurora jadi samar-samar.
5. Naik perahu dayung di Swedia
Alternatif lainnya yang bisa kamu temukan untuk menikmati aurora di Kutub Utara, khususnya di Swedia adalah dengan menaiki perahu dayung. Pihak penyedia opsi ini pun menyediakan sejumlah makanan dan minuman tradisional yang bisa kamu nikmati di atas perahu. Selain menikmati aurora, kamu juga bisa melakukan tur fotografi di Taman Nasional Abisko.
Demikianlah beberapa tips untuk dapat melihat aurora. Semoga bermanfaat!