7 Manfaat Gunung
Gunung memiliki peran yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia dan lingkungan.
Gunung merupakan bentuk tanah yang lebih menonjol dibandingkan dengan permukaan tanah lain. Gunung memiliki ketinggian lebih dibandingkan bukit meski terkadang keduanya juga memiliki tinggi yang sama. Indonesia sendiri menjadi negara yang terkenal dengan banyak gunung serta pegunungan. Selain itu, Indonesia juga masih memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif dan menjadi salah satu bencana alam yang sering terjadi. Namun dibalik efek negatif yang bisa ditimbulkan dari gunung, ternyata ada juga beberapa manfaat gunung yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui. Berikut manfaat gunung:
1. Penyedia Air Bersih
Manfaat gunung bagi kehidupan makhluk hidup yang tak kalah penting adalah sebagai penyedia air bersih. Manfaat gunung memainkan peran penting menyediakan jutaan kubik air bagi jutaan orang di seluruhh dunia. Hal ini karena gunung menyediakan 60 hingga 80 persen air tawar dunia. Hal itu tidak berfungsi dengan baik jika pepohonan di gunung dibabat habis, sehingga penyerapan air tidak berjalan maksimal. Perlu diketahui juga kota-kota besar di dunia seperti Melbourne, New York, Rio de Janeiro dan Tokyo bergantung pada pegunungan untuk mendapatkan air tawar. Selain itu beberapa negara juga mengandalkan air di daerah pegunungan untuk pembangkit listrik.
2. Sebagai objek wisata dan sumber pendapatan
Gunung sebagai objek wisata menawarkan pemandangan alam yang indah bagi para pendaki. Hal itu juga bermanfaat untuk menghidupkan ekonomi masyarakat di sekitar gunung, mulai dari membuka warung makan, menyediakan alat sewa pendakian, hingga jasa porter. Adapun tema Hari Gunung Internasional tahun ini adalah Gunung Wisata Berkelanjutan. PBB mengangkat tema itu karena pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemik COVID-19. Dengan demikian, wisata pendakian diharapkan bisa menjadi momen untuk membangkitkan ekonomi.
3. Menyuburkan Tanah
Seperti yang kita ketahui, tanah paling subur adalah tanah yang berada di sekitar pegunungan terutama pada gunung berapi seperti contohnya Pulau Jawa. Pulau Jawa sangat terkenal dengan tanahnya yang subur karena memang banyak gunung pada daerah tersebut seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan juga Jawa Timur. Abu vulkanik yang dihasilkan pada saat gunung berapi erupsi, nantinya akan menyebar ke beberapa area kemudian berproses dan membuat tanah menjadi subur selain banyak juga manfaat gunung tidak aktif.
4. Penting bagi Kaum Muda
Kehidupan di gunung yang jauh dari fasilitas perkotaan kadang menyulitkan bagi para kaum muda pedesaan. Sehingga tak sedikit dari mereka yang memilih pergi merantau ke kota dan meninggalkan daerahnya. Hal ini menyebabkan berkurangnya kaum muda yang menetap di pegunungan sehingga tenaga kerja dii wilayah pegunungan semakin berkurang.
5. Objek edukasi dan penelitian
Gunung juga menjadi sarana edukasi dan objek penelitian. Ada banyak hal yang bisa diteliti dari gunung, mulai dari kekayaan alamnya, flora dan fauna yang hidup di sana, hingga bagaimana aktivitas gunung berapi. Aktivitas edukasi tidak lepas dari manfaat gunung sebagai tempat untuk menjaga hewan dan tumbuhan dari kepunahan. Sebab, sejumlah gunung di Indonesia sudah ditetapkan sebagai taman nasional, yang berarti kegiatan perburuan dan membawa tanaman gunung akan menjadi perbuatan ilegal.
6. Angin Gunung dan Angin Lembah
Tanpa gunung, tidak ada yang namanya angin gunung dan angin lembah. Masyarakat yang hidup di lereng pegunungan tentu membutuhkan angin gunung dan angin lembah. Sebab angin itu akan membawa awan penuh dengan uap air sehingga bisa menyebabkan hujan.
7. Menjaga Hewan dan Tanaman dari Kepunahan
Ada banyak hewan dan juga tanaman yang saat ini terancam punah. Beberapa penyebab kepunahan ini diantaranya karena perburuan ilegal, pengalihan lahan, perubahan iklim dan masih banyak lagi yang lain. Hutan yang berada di sekitar gunung merupakan hutan lindung sebagai tempat hewan dan tanaman langka bisa terlindung dari kepunahan.
Nah itulah beberapa manfaat gunung untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!