Hutan Terindah Di Dunia
Selain liburan ke pantai atau gunung, liburan ke hutan bisa menjadi salah satu alternatif.Mungkin saat mendengarnya kamu akan terbayang hutan rimbun yang menyeramkan.
Jauh dari kata menyeramkan, justru ada beberapa hutan di dunia yang telah mendapatkan predikat wisata hutan terindah. Tidak memanjakan mata dengan pemandangan indah, kamu juga bisa menikmati udara sejuk dan menghirup oksigen yang lebih bersih.
Mau tahu hutan apa saja yang masuk ke dalam daftar hutan terindah di dunia? Simak daftarnya di bawah ini, ya!
1.Hutan Bambu Sagano – Jepang
Hutan bambu ini adalah salah satu yang paling terkenal dan favorit di Jepang. Tumbuh di sepanjang pinggiran Kyoto, rumpun bambu berjalur kayu akan memandu kamu melewati ratusan ribu bambu raksasa yang tumbuh memanjang ke atas.
Selain pesonanya, hutan bambu ini memberikan suara yang unik ketika tertiup angin. Suara bambu tersebut akan terdengar indah bak melodi. Bahkan, suaranya ditetapkan sebagai salah satu dari 100 Soundscapes Jepang.
Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kuil yang digunakan untuk berdoa, tempat cendera mata, dan tentunya spot yang Instagramable. Kabar baiknya, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke kawasan hutan ini.
2.Hutan Monteverde - Kosta Rika
Hutan seluas 26 ribu hektar ini merupakan salah satu habitat paling langka di dunia karena, merupakan habitat paling beragam di dunia. Ada sekitar 400 spesies burung, 100 spesies hewan, 120 spesies amfibi dan reptil, serta 2.500 spesies tanaman yang berbeda. Bahkan, Hutan Monteverde memiliki spesies anggrek terbanyak di dunia.
Bagi yang ingin mengunjungi Hutan Monteverde, kamu hanya perlu membayar US $14 atau sekitar Rp195 ribu. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga dapat mencoba berbagai fasilitas seperti outbond, restoran, hotel, toko cindera mata, dan lainnya.
3.Hutan Hallerbos
Saat musim semi, hutan ini akan berubah menjadi taman bunga bluebells atau si lonceng biru.Ya, sesuai dengan namanya, bunga lonceng biru ini memang terlihat seperti lonceng yang berwarna biru.Hamparan bunga lonceng biru ini seolah-olah dilindungi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi di hutan itu.
4.Hutan Otzarreta
Hutan Otzarreta berada di Spanyol dan menjadi bagian dari Taman Nasional Gorbeia.Sama seperti Hutan Hallerbos, Hutan Otzarreta juga terlihat seperti hutan di negeri dongeng, nih.
5.Black Forest – Jerman
Meski tampak menyeramkan, hutan seluas 7.500 kilometer persegi ini punya keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Baden-Württemberg, panorama Black Forest sangat lengkap, mulai dari pemandangan alam, perkampungan, air terjun, dan kastil.
Penamaan Black Forest sendiri diberikan orang-orang Romawi karena tumbuhan di hutan menghalangi sebagian besar sinar matahari yang masuk. Tak hanya itu, hutan ini juga akan sangat gelap ketika memasuki pukul 2 siang hingga 8 pagi.
6.Taman Nasional Tijuca - Brazil
Taman nasional Tijuca berada di Rio de Janeiro yang mempunyai area seluas 3.200 hektare. Inilah taman nasional pertama di dunia yang dijadikan proyek reboisasi besar-besaran. Awalnya, kawasan hutan ini merupakan kawasan industrial.
Menariknya dari Taman Nasional Tijuca, kamu bisa berkeliling menggunakan mobil atau kendaraan yang disediakan pengelola. Selain flora dan fauna, kamu bisa menemukan beberapa air terjun indah, seperti Cascatinha de Taunay, Cascata Gabriela, dan Cascata Diamantina.
7.Taman Nasional Sequoia - Amerika Serikat
Kawasan hutan yang berada di California ini mempunyai pohon raksasa terbesar di dunia. Maskotnya bernama "General Sherman", sebuah pohon yang berusia lebih dari 2.000 tahun. Tingginya mencapai 83,3 meter dan diameternya sekitar 11,1 meter, dibutuhkan enam orang untuk melingkari pohon tersebut.
Taman nasional ini sudah dilengkapi area kemah, museum, dan restoran. Tersedia pula shuttle bus yang dikenakan biaya sekitar 15 dollar AS atau sekitar Rp 208 ribu.
Itulah hutan-hutan yang bisa menjadi tempat wisata bagi kalian ingin menikmati pemandangan hutan belantara yang indah.