Wisata Gunung Vinicunca
Vinicunca, Winikunka atau Gunung Pelangi adalah sebuah gunung di Andes Peru.
Terletak di Andes Peru di Cusco hanya 3 jam dari pusat sejarah, Gunung Pelangi menjadi daya tarik utama untuk dilihat setelah atau sebelum Machu Picchu. Seperti yang bisa Anda tebak, gunung ini terkenal dengan keindahan alamnya yang beraneka warna pada ketinggian 5.200 m di atas permukaan laut. Penampilan seperti pelangi ini diciptakan oleh endapan mineral di seluruh area yang memberi gunung pirus, lavendar, emas, dan warna lainnya. Baru-baru ini ditemukan karena pencairan salju mengungkapkan permata tersembunyi yang masih dianggap suci oleh banyak orang hingga hari ini. Sejak penemuannya, Rainbow Mountain perlahan-lahan mulai mendapatkan popularitas dan bahkan telah terdaftar dalam "100 Tempat Teratas Untuk Dikunjungi Sebelum Anda Mati" oleh National Geographic.
Vinicunca juga dikenal sebagai Gunung Tujuh Warna, atau lebih sederhananya Gunung Pelangi ditemukan empat tahun lalu ketika salju yang menutupinya mencair, memperlihatkan keindahan alam batu di bawahnya. Dibentuk oleh pelapukan, kondisi lingkungan, dan endapan sedimen dari waktu ke waktu, mineralogi unik gunung ini menciptakan efek marmer, dengan rona berlapis emas, lavender, merah, dan pirus menjulang ke langit. Ketinggian gunung ini sekitar 5200 meter atau lebih dari 17.000 kaki, sehingga waktu untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian mungkin diperlukan selama perjalanan ke puncak.
Vinicunca terletak di sebelah tenggara kota Cusco dan dapat dicapai dari Cusco melalui dua rute: Cusipata atau Pitumarca . Salah satu rute adalah melalui Peruvian Sierra del Sur (PE-3s) ke arah kota Checacupe , dan selanjutnya ke kota Pitumarca , yang berjarak sekitar dua jam dari kota Cusco. Dari Pitumarca, wisatawan dapat berjalan kaki, mobil atau sepeda motor di sepanjang jalan setapak yang melewati beberapa komunitas pedesaan seperti Ocefina, Japura dan Hanchipacha, dan mencapai komunitas Pampa Chiri, di mana berjalan 1,5 kilometer di sepanjang celah Vinincunca mengarah ke alam. formasi dengan garis-garis warna yang memberi nama Rainbow Mountain. Rute alternatif adalah melalui Cusipata; dari sana, pelancong dapat berjalan sejauh 3 km di sepanjang rute Chillihuani di sepanjang jalur kekang ke Gunung Pelangi.
Dianggap sebagai situs suci di Peru, gunung ini telah menjadi hotspot bagi pengunjung internasional, dan sekarang menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi kedua di wilayah Cusco berkat operator tur lokal dan berbagai postingan Instagram. Menurut media Peru , Vinicunca dikunjungi oleh 1.500 orang per hari — itu sepertiga dari pengunjung harian yang diterima oleh Machu Picchu. Otoritas setempat merekomendasikan trekking Vinicunca antara Maret dan November, dengan langit biru kemungkinan besar dari Juni hingga Agustus — tetapi cuaca di atas gunung dapat berubah dalam hitungan detik. Musim ramai pariwisata Peru adalah antara Juni dan Agustus, menurut Lonely Planet , sedangkan musim sepi antara Desember dan Februari.
Demikian informasi mengenai gunung vinicunca. Semoga bermanfaat!