Jalan Paling Berbahaya
Jalan merupakan sarana di muka bumi. Tanpa adanya prasarana ini, proses transportasi tidak berjalan terutama alat angkutan via darat.
Sebagian besar jalanan yang ada di dunia tak semuanya mulus dan aman untuk dilewati. Ada banyak jalan yang tersebar di berbagai negara punya jalur yang sangat ekstrem. Bahkan, beberapa mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang tak sedikit. Banyak tempat-tempat menarik di dunia yang bisa dijangkau dengan kendaraan, baik motor maupun mobil. Perjalanannya bisa ditempuh dengan cepat atau bahkan butuh waktu lama, tergantung kondisi jalan. yuk simak jalan paling berbahaya di dunia berikut:
1. Taroko Gorge Road, Taiwan
Sebagai jalan dengan terowongan yang dipahat dari gunung, Taroko Gorge Road adalah salah satu jalan paling berbahaya di dunia. Jalan dengan panjang 12 mil atau sekitar 19 km yang populer di Taiwan ini sangat sempit, membuat seseorang harus saling berbagi jalan dengan pengendara lain agar bisa lewat. Selain sempit, tikungannya juga tajam dan menakutkan. Terlebihm ada sejumlah sudut buta yang sangat berbahaya jika dilewati oleh pengendara yang tak berhati-hati.
2. Kabul-Jalalabad Road
Jalan ini menghubungkan kota Kabul dan Jalalabad, Afghanistan dengan panjang 143 km. Jalan ini mengikuti Ngarai Sungai Kabul sejauh 64 km dan masuk wilayah Taliban. Jalan raya dua jalur membentang di sepanjang tebing setinggi 600 meter. Kecelakaan lalu lintas fatal sering terjadi di kawasan ini, lantaran mengemudi secara sembrono. Sejatinya, jalan ini beraspal mulus saat selesai dibangun tahun 1969. Namun akibat pertikaian di Afghanistan, beberapa ruas jalan banyak yang tidak terawat. Jalan ini menyuguhkan pemandangan khas pegunungan Afghanistan. Perbedaan ketinggian antara Kabul dan Jalabad kira-kira 1200 m.
3. The A682 Road
The A682 Road adalah jalan ekstrem yang banyak merenggut korban jiwa. Bahkan di jalan ini, telah terjadi 100 kecelakaan di beberapa waktu terakhir. Maka wajar, kalau jalan hits di negara Inggris ini disebut jalur terparah. Yang paling sering terjadi kecelakaan adalah jalan yang berada di kawasan Yorkshire utara. Kabarnya, di sini telah menyumbang 22 insiden jalanan untuk Inggris. Sekalipun begitu, kawasan ini memiliki pemandangan indah. Maka dari itu, jika hari minggu, kondisinya begitu ramai dengan pengendara motor.
4. Sitinjau Lauik
Menghubungkan kota Padang dan Solok Sumatera Barat, jalan ini paling berbahaya yang ada di Indonesia. Jalan yang menjadi lintas utama ini memiliki banyak kelokan dan curam dengan kemiringan 45 derajat. Jalan tersebut telah banyak memakan korban yang jatuh ke dalam jurang di pinggiran Sitinjau Lauik.
5. Kahekili Highway, Hawaii
Selanjutnya jalan lainnya yang bisa disebut ekstrem adalah Jalan Raya Kahekili yang ada di Hawai. Jalan dengan panjang sekitar 32 km itu berada di tebing yang curam dan hanya punya pembatas batu. Walaupun jalannya terlihat menakjubkan, tetap saja pengendara akan merasa ketakutan dan gugup untuk melewati jalan ini dari Kapalua ke Wailuku. Jalan Raya Kahekili yang legendaris ini dikenal sebagai jalan dengan lorong sempit dan punya banyak tikungan yang berkelok.
6. Karakoram Highway
Jalan yang menghubungkan Cina dan Pakistan dengan ketinggian 4.693 meter di atas permukaan laut. Jalan ini dibangun pada 1966-1986 dan memiliki panjang 1.300 km. Pada saat musim dingin, jalan ini tertutup dan tidak bisa dilewati, khususnya di wilayah Khunjerab Pass. Jalan ini memiliki banyak tikungan tajam. Jalur ini termasuk berbahaya. Potensi bahaya datang dari reruntuhan batu, banjir, dan gempa bumi. Berkendara di jalan ini tidak mudah. Juga butuh kendaraan berpenggerak empat roda. Pada sisi jalan terdapat jurang yang dalam dan di sisi sebelahnya berupa tebing-tebing pegunungan yang rawan longsor. Pada beberapa bagian, jalannya menyempit dan hanya bisa dilalui satu kendaraan.
7. Himalaya Road
Himalaya Road adalah jalan terkenal di India. Bukan karena keindahannya, tetapi karena jalurnya yang berbahaya. Jalan ini memiliki ketinggian yang ekstrem. Letaknya kira-kira 12 ribu kaki di atas permukaan laut. Sedangkan jaraknya juga luar biasa mencapai 475 kilometer. Yang paling menakutkan adalah, jalur ini tepat di atas jurang yang cukup dalam. Sehingga, sekali tergelincir, kendaraan akan jatuh ke dasarnya.
Itulah jalan paling berbahaya di dunia. Semoga bermanfaat!