Wisata Musim Gugur
Pepohonan yang berubah warna menjadi merah-oranye-kuning menjadi pemandangan utama saat musim gugur.
Untuk menikmati musim gugur, Anda tak perlu pergi jauh ke luar benua. Mayoritas negara di Asia memang tidak memiliki empat musim seperti negara-negara di luar benua seperti Eropa, namun bukan berarti Asia tidak memiliki destinasi wisata musim gugur yang menarik. Beberapa negara di kawasan Asia bisa menjadi pilihan destinasi untuk wisata musim gugur yang tak kalah menarik dari negara di luar benua, seperti Korea Selatan, Jepang, ataupun Turki. Waktu yang tepat untuk menikmati fenomena alam saat daun berubah warna dari hijau menjadi, merah, kuning, oranye, dan coklat ini adalah sejak September hingga November.
Berikut wisata musim gugur di asia:
1. Korea Selatan
Seoul juga bisa menjadi destinasi wisata musim gugur di Asia. Salah satu area yang direkomendasikan adalah Asan Gingko Tree Road, di mana ruas jalan bakal dihiasi pepohonan berwarna kuning keemasan selama musim gugur. Deoksugung Doldam-gil adalah tempat lain di Seoul yang patut dikunjungi selama musim gugur, karena dedaunannya yang berwarna-warni dan akses mudah ke alam tanpa harus pergi terlalu jauh ke luar kota. Istana Changdeokgung juga menjadi sorotan utama pada musim gugur di sini, dan begitu pula Danau Bomunho untuk pemandangan pohon yang indah yang terpantul di air.
2. Taman Nasional Jiuzhaigou
Jiuzhaigou merupakan kota kecil yang berada di area pegunungan Min, Provinsi Sichuan ini anda dapat menemukan Taman Nasional Jiungzhaigou yang luasnya mencapai 72.000 ha. Di taman nasional ini, ada lembah yang terkenal dengan keindahannya. Lembah ini memiliki 108 danau dengan air yang sangat jernih dan tersebar di ujung lembah. Bukan hanya itu, danau ini juga berbentuk menyerupai huruf “Y. Bukan hanya itu, taman ini juga mempunyai air terjun yang sekelilingnya terdapat pepohonan indah dengan warna warni khas musim gugur. Taman nasional ini merupakan salah satu situr warisan dunia UNESCO yang mempunyai pemandangan indah dan juga beragam species burung yang bisa anda temui.
3. Pohon berdaun emas di Ejin Banner
Di ujung barat Regional Otonomi Mongolia terdapat wilayah yang saat musim gugur tiba berubah menjadi “ladang emas”. Ejin Banner, nama lokasinya, memiliki pemandangan magis saat daun pohon euphrates poplar mengering dan berubah warna menjadi kuning, coklat, dan keemasan. Keindahan tersebut dapat kamu nikmati di hutan seluas 300 kilometer persegi ini mulai dari September hingga Oktober.
4. Taiwan
Taiwan juga menarik untuk dikunjungi saat musim gugur. Taipei adalah tempat populer untuk mengunjungi dedaunan musim gugur antara pertengahan Oktober dan akhir November. Taman Nasional Yangmingshan mudah dicapai dari pusat kota Taipei dan telah populer di kalangan penduduk lokal sebagai destinasi peristirahatan yang menyenangkan dari kehidupan kota. Ada beberapa tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi di sini dan banyak kesempatan untuk melihat dedaunan musim gugur. Ada juga gondola di sini, serta sumber air panas. Tempat lain di Taiwan untuk dikunjungi pada musim gugur termasuk Wuling Farm di Alpine Valley dan Fushoushan Farm di Taichung. Hualien, Taoyuan, dan Chiayi juga bisa dikunjungi jika wisatawan memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajah.
5. Phu Quoc
Bosan hanya melihat pemandangan dedaunan yang berubah menjadi kuning saat musim gugur? Anda dapat mencoba berlibur ke daerah pantai, salah satunya di Phu Quoc, Vietnam. Phu Qhuoc ini merupakan bekas pulau penjara di zaman penjajahan Perancis dan tepat sekali dikunjungi pada saat musim gugur. Pada bulan November hingga April, cuaca di tempat ini sangatlah bersahabat untuk melakukan kegiatan pantai seperti berjemur dan juga berenang. Untuk mencapai kawasan ini, anda dapat berkendara selama kurang lebih satu jam dari Ho Chi Minh City. Bagi anda yang menyukai snorkeling, pantai Ong Lang bisa menjadi pilihan yang tepat karena di sana memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Selain itu ada juga Phu Quoc Prison Mesum yang bisa menjadi pilihan untuk kamu pecinta sejarah dan juga Phu Quoc National Park serta Air Terjun Suoi Tranh untuk kamu para pecinta alam.
6. Nara Park
Nara Park merupakan salah satu destinasi wisata di Japang yang sering didatangi turis sepanjang tahun. Salah satu alasannya adalah di sini kamu bisa berinteraksi dengan rusa-rusa liar yang bermukim taman ini. Ketika musim gugur tiba dan satu persatu dedaunan berubah coraknya, pemandangan di Nara Park semakin menakjubkan. Melihat rusa-rusa berkeliaran di bawah dedaunan bewarna merah nan cantik seakan kamu berada di negeri dongeng.
Itulah beberapa wisata musim gugur di asia yang bisa kamu kunjungi. Semoga bermanfaat!