Jenis Transportasi Sungai
Perahu merupakan alat transportasi sungai di daerah. Memanfaatkan perahu untuk melintasi sungai agar bisa berpindah tempat.
Transportasi laut dan trasnportasi sungai ini bisa dijadikan sebagai satu kelompok, yaitu transportasi air. Namun, karena jangkauan laut lebih luas dan deburan ombak yang kencang tentunya alat transportasinya berbeda dengan sungai. Transportasi air adalah salah satu jenis transportasi, yang digunakan oleh manusia untuk kepentingan mobilitas di atas air. Transportasi air dapat disebut juga transportasi laut, yang mana pada saat awal perkembangannya sangat sederhana, serta tidak semaju saat ini.
Berikut ini jenis transportasi sungai di daerah:
1. Sampan
Sampan adalah sebuah perahu kayu Tiongkok yang memiliki dasar yang relatif datar, dengan ukuran sekitar 3,5 hingga 4,5 meter yang digunakan sebagai alat transportasi sungai dan danau atau menangkap ikan. Sampan dapat mengangkut penumpang 2 - 8 orang, tergantung ukuran sampan. Sampan adakalanya memiliki atap kecil dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal permanen di perairan dekat darat. Sampan biasanya tidak digunakan untuk berlayar jauh dari daratan karena jenis perahu ini tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi cuaca yang extrim. Sampan adalah perahu yang tanpa cadik dan tanpa bermotor, dimana sampan di gerakan oleh arus sungai dan menggunakan dayung serta tongkat galah apabila sampan susah untuk bergerak. Sampan bіаѕаnуа mempunyai anjungan atau memiliki atap kecil уаng dараt digunakan ѕеbаgаі tempat tinggal permanen dі perairan dekat darat. Dan Bіаѕаnуа tempat tinggal tеrѕеbut аkаn berpindah apabila dі perairan tеrѕеbut ѕudаh tіdаk ada mata pencaharian atau ѕudаh mulai ada bahaya.
2. Perahu motor
Kapal motor adalah kapal penumpang yang memiliki kapasitas sedang. Umumnya kapal motor beroperasi untuk melayani penyeberangan jarak jauh antar pulau.
3. Perahu rakit
Jenis perahu ini bermanfaat untuk menjadi alat tarnsportasi bagi seseorang ke daerah tertentu. Memiliki ukuran yang sedang dan mampu menampung orang.
4. perahu kayu
Perahu jenis ini diperuntukan untuk nelayan yang ingin menangkap ikan. Ukurannya lebih kecil dan hanya muat untuk beberapa orang saja. Terakhir adalah kapal. Kapal merupakan alat transportasi yang memiliki bentuk yang besar dan mampu membawa banyak orang.
5. Jukung
Siapa di sini yang pernah mendengar tentang jukung? Jukung dikenal juga sebagai cadik atau perahu kecil. Ia biasa digunakan nelayan tradisional untuk mencari ikan. Di Kalimantan jukung ini digunakan sebagai alat transportasi sungai dan juga digunakan sebagai tempat berdagang di Pasar Apung. Namun, di Palembang jukung sedikit berbeda. Jukung di Palembang berukuran sedang dan digerakkan dengan mesin. Perahu jukung biasanya digunakan di sungai Musi untuk mengangkut orang yang ingin menyebrang.
6. Rakit atau Getek
Rakit atau getek adalah alat transportasi sungai yang berupa susunan benda yang bisa mengapung di air. Biasanya yang digunakan adalah bambu berukuran panjang. Ciri khas rakit adalah ia bentuknya datar dan tidak memiliki lambung seperti perahu atau kapal. Selain itu ia juga digerakkan melalui seutas tali. tali dibentangkan dan diikat pada ujung-ujung sungai. Kemudian melalui tali ini pengemudi rakit akan menarik tali agar rakit atau getek bisa berjalan. Biasanya rakit digunakan untuk menyebrang sungai.
Nah itulah jenis transportasi sungai di daerah. Semoga bermanfaat!