Liburan Ke Pantai
Merdunya debur ombak, putih pasir di sela jari kaki, jernihnya air pantai selalu menjadi daya tarik orang untuk berlibur ke pantai.
Pergi ke pantai memiliki sejuta manfaat untuk Anda. Entah itu baik secara fisik dan mental, bermain-main di pantai sangat dianjurkan oleh para dokter. Bahkan, beberapa ahli medis menyarankan orang-orang yang menderita depresi, stres, kecamasan dan arthritis harus biasakan menghabiskan beberapa waktu di pantai. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pantai. Ada beberapa manfaat berlibur ke pantai yang dapat kita rasakan, yaitu:
1. Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif
Ada baiknya ketika sedang merasa ide mentok dan buntu, segeralah berlibur ke pantai. Bisa jadi kamu kurang inovasi di kantor karena kamu kurang piknik. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ravi Mehta dari University of Illinois mengenai eksplorasi efek warna dalam performa tugas koginitif yang diterbitkan dalam jurnal American Association for the Advancement of Science, ditemukan bahwa warna biru berkaitan dengan peningkatan kreativitas.
2. Mengurangi stres
Melangkahkan kaki di pasir pantai dan di bawah sinar matahari memberikan efek rileks pada tubuh. Bukan hanya serotonin yang langsung dilepaskan begitu sampai di pantai, namun suara dan lingkungan pantai mendatangkan kedamaian pada diri Anda. Suara samudra bahkan memiliki efek emosional yang lebih dalam. Suara laut memicu kenangan mendalam dan perasaan santai, seperti mendengar detak jantung ibu.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat Berlibur ke pantai selanjutnya dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, sehubungan dengan menurunnya ketegangan atau tingkat stress kita. Karena orang yang mengalami stress cenderung rentan terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat mengakibatkan komplikasi akibat masalah kesehatan pada organ kardiovaskular.
4. Infeksi Bisa Sembuh
Kandungan garam pada air laut mengandung sifat anti-mikroba. Jadi, apabila Anda memiliki infeksi Anda pasti bisa sembuh dengan berendam atau berenang di pantai.
5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sinar matahari dapat mengandung vitamin D yang membantu mencegah penyakit autoimun. Air laut juga mengandung mineral dan senyawa lain yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan tubuh dari racun.
6. Menjadikan Tubuh Lebih Aktif
Berenang, bermain air maupun pasir, dan berbagai hal lainnya yang biasa kita lakukan di pantai dapat membawa pengaruh seperti ketika tubuh kita melakukan olahraga. Sehingga, selain tubuh bergerak aktif, sirkulasi darah pun membaik dan tubuh akan terasa lebih bugar.
7. Tidur Dengan Baik
Pantai bisa membebaskan Anda dari stres dan kelelahan. Nah, setelah puas bermain-main dengan air di pantai, Anda akan tidur pulas tanpa mengalami insomnia. Faktor penyebab terjadinya insomnia salah satunya adalah stres.
8. Membakar Kalori
Saat ke pantai tidak afdol jika tidak berkeliling bukan? Nah, berjalan-jalan di pantai bisa membuat kalori Anda terbakar secara alami. Berjalan juga merupakan salah satu jenis latihan yang membuat hidup Anda lebih sehat.
Nah itulah beberapa manfaat liburan ke pantai. Semoga bermanfaat!