Manfaat Awan Bagi Kehidupan
Awan merupakan benda langit berwarna putih dan juga hitam yang sering dikaitkan dengan kemunculan hujan.
Awan adalah suatu gumpalan uap air yang terbentuk oleh adanya siklus daur air yang terus menerus terjadi, dan biasa disebut sebagai siklus hidrologi. Prosesnya adalah ketika air yang menguap menuju atmosfer, yang disebabkan adanya panas bumi dan pancaran sinar matahari. Uap tersebut mengembun dan memadat kemudian bergabung menjadi satu pada tingkat ketinggian tertentu diatas langit yang akhirnya membentuk awan. wan ini terbentuk karena proses pengembunan atau pemadatan uap air yang terdapat di dalam udara setelah melampaui keadaan jenuh.
Setiap uap air yang terkandung dalam udara akan berubah karena suatu proses kondesnsasi (pemadatan) menjadi bintik – bintik air untuk membentuk awan. Awan ini adalah suatu gumpalan uap air yang terbentuk oleh adanya siklus daur air yang terus menerus terjadi. Siklus daur air ini biasa juga disebut oleh para ahli sebagai siklus hidrologi. Adanya pemuaiaan air yang menguap menuju atmosfer ini dikarenakan oleh adanya panas bumi dan pancaran sinar matahari. Kemudian, terjadi pengembunan dan pemadatan uap air yang bergabung menjadi satu pada suatu tingkat ketinggian tertentu diatas langit dan membentuk awan.
Berikut ini adalah manfaat diantaranya yang penting untuk kehidupan kita :
1. Penahan Radiasi Matahari
Tidak semua radiasi dari sinar matahari dapat dipantulkan kembali oleh atmosfer, sebagian kecilnya seperti radiasi sinar ultraviolet tetap akan masuk ke bumi. Awan akan menahan atau memantulkan sebagian dari radiasi yang sempat lolos tersebut kembali ke luar angkasa.
2. Awan sebagai Indikator Cuaca dan Iklim
Keberadaan awan yang pertama sangatlah penting bagi manusia karena berguna untuk mengukur kondisi cuaca dan iklim di bumi. Tanpa awan, Badan Metreologi dan Geofisika (BMKG) akan kesulitan memetakan cuaca, sehingga tidak adan ada perkiraan cuaca. Selain itu, berguna untuk petunjuk arah angin, karena dengan melihat pergerakan awan, dapat mengetahui pasti ke mana arah angin bergerak dan seberapa kecepatannya.
3. Membantu memberikan cadangan air bagi manusia
Manfaat air yang paling penting adalah untuk memberikan cadangan air di bumi ini yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Air merupakan sumber kehidupan, terutama bagi seluruh makhluk hidupp di bumi. Karena itu, awan sangat penting keberadaannya, karena dapat memberikan berkah berupa air yang turun ke bumi.
4. Dapat memperkirakan arah angin
Manfaat awan bagi kehidupan manusia adalah sebagai salah satu indikator penting akan perkiraan tentang arah angin. Arah angin merupakan salah satu indikator penting dalam beberapa kejadian, seperti olahraga, dan juga kegiatan penerbangan. Dengan adanya awan, maka para pakar dapat melihat kecenderungan gerakan angin. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagau energi angin dengan baik, sesuai dengan arah dan juga kecepatan angin pada saat itu.
5. Sumber Air Bagi Bumi
Dengan adanya awan dan hujan, maka air akan segera terserap ke tanah dan akan disaring kembali dan bisa digunakan lagi oleh manusia.
Nah itulah manfaat awan bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!