Mengenal Pohon Fajar Redwood
Metasequoia atau fajar redwood adalah genus pohon gugur yang tumbuh cepat.
Metasequoia glyptostroboides adalah Pohon gugur yang tumbuh hingga 15 m (49 kaki) kali 4 m (13 kaki). Metasequoia glyptostroboides , biasa disebut fajar redwood, adalah pohon jenis konifera gugur yang tumbuh dalam bentuk kerucut setinggi 100'. Ini terkait dengan dan sangat mirip dengan cemara botak (Taxodium ) dan kayu merah (Sequoia). Dari catatan fosil, fajar redwood diketahui telah ada sebanyak 50.000.000 tahun yang lalu. Namun, baru pada tahun 1941 tanaman ini pertama kali ditemukan tumbuh di alam liar di dekat kota Modaoqi, Cina oleh rimbawan Cina, T. Kan. Benih yang dikumpulkan dari situs aslinya tersedia di Missouri Botanical Garden pada tahun 1947.
Bibit ditanam di depan Gedung Lehmann di MBG pada tahun 1952 di mana mereka sekarang telah berkembang menjadi pohon dewasa yang besar (tinggi 70'+). Saat pohon dewasa, batangnya melebar di pangkal dan mengembangkan alur yang menarik dan terkadang rumit. Kulit pohon dewasa sering kali pecah-pecah. Ini fitur linier, berbulu, dedaunan seperti pakis yang lembut untuk disentuh. Dedaunan muncul hijau muda di musim semi, matang menjadi hijau tua di musim panas dan berubah menjadi merah-perunggu di musim gugur. Pohon adalah monoecious, menghasilkan oval, kerucut betina berwarna coklat muda (panjang 3/4") dan kerucut jantan berbentuk bulat liontin (panjang 1/2"). Ranting, jarum dan sisik kerucut berada pada pasangan yang berlawanan.
Genus Metasequoia, umumnya dikenal sebagai kayu merah fajar, hanya memiliki satu spesies hidup ( Metasequioa glyptostroboides ). Dianggap punah dan hanya diketahui melalui catatan fosil, ditemukan kembali di Cina pada tahun 1944. Ini juga unik karena dianggap sebagai tumbuhan runjung gugur, yang berarti dedaunan baru muncul di musim semi dan turun setiap musim gugur. Kultivar kayu merah fajar memiliki daun yang lembut dan halus, bentuk dan kebiasaan yang unik, dan kulit kayu yang sangat pecah-pecah. Spesimen ini berkinerja terbaik ketika ditanam di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang lembab.
Kulit kayu dan dedaunannya mirip dengan Sequoia , tetapi Metasequoia gugur seperti Taxodium distichum (cemara botak), dan, demikian pula , spesimen yang lebih tua membentuk penopang lebar di batang bawah. Ini adalah pohon yang tumbuh cepat dengan tinggi 130–150 kaki (40–45 m) dan diameter batang 6 kaki (2 m) dalam budidaya sejauh ini (dengan potensi untuk tumbuh lebih tinggi lagi). Daunnya berseberangan, panjangnya 0,4-1,25 inci (1–3 cm), dan hijau segar cerah, berubah menjadi merah-coklat berubah di musim gugur. Kerucut serbuk sari panjangnya 0,25 inci (6 mm), diproduksi pada paku panjang di awal musim semi; mereka hanya diproduksi di pohon yang tumbuh di daerah dengan musim panas yang panas. Kerucut berbentuk bulat telur hingga bulat telur, berdiameter 0,6-1,0 inci (1,5-2,5 cm) dengan 16–28 sisik, disusun berpasangan berlawanan dalam empat baris, masing-masing pasangan tegak lurus terhadap pasangan yang berdekatan; mereka matang dalam waktu sekitar 8-9 bulan setelah penyerbukan.
Demikian informasi mengenai pohon fajar redwood. Semoga bermanfaat!