Fakta Menarik Antartika
Antarktika merupakan Daerah terdingin ini merupakan sebuah benua yang hampir mencapai 99% wilayahnya diselimuti es.
Antartika, yang berada di Kutub Selatan, merupakan laboratorium alami raksasa untuk mempelajari bumi dan atmosfernya, serta perubahan lingkungan hidup secara global, termasuk perubahan yang berhubungan dengan kegiatan manusia. Antartika merupakan benua paling terpencil di dunia yang kontradiktif. Sangat cantik dan perawan, namun amat tidak bersahabat. Inilah tempat yang paling berbadai dan paling dingin di bumi, sekaligus paling rapuh dan sensitif. Curah hujannya paling rendah dibandingkan dengan benua manapun, namun esnya memuat 70 persen air tawar di planet ini. Dengan ketebalan rata-rata sekitar 2.200 meter, es tersebut menjadikan Antartika sebagai benua tertinggi di dunia, dengan ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut.
Berikut fakta menarik Antartika yang harus Anda ketahui:
1. Ada Gunung dan danau yang terkubur
Pegunungan Gamburtsev Antartika adalah rangkaian puncak curam yang menjulang hingga 9.000 kaki (3.000 meter) dan membentang sejauh 750 mil (1.200 kilometer) melintasi bagian dalam benua. Ini sepenuhnya terkubur di bawah es setinggi 15.750 kaki (4.800 m). Di bawah lapisan es di tanah Antartika, terdapat danau yang tersembunyi. Danau Vostok merupakan danau air tawar yang terkubur di bawah es padat sebesar 2,5 mil (3,7 kilometer).Ini diperkirakan seukuran dengan Danau Ontario di Kanada dan menjadi yang terbesar diantara 200 dana di sekitar benua ini. Antartika adalah rumah bagi Gunung Erebus, gunung berapi aktif paling selatan di planet ini dan rumah bagi satu-satunya danau lava berumur panjang di Bumi.
2. Suhu rata-rata tahunan -57 derajat celcius
Di benua Antartika, suhu rata-rata tahunannya itu -57 derajat celcius. Tapi, sejarah mencatat benua Antartika pernah mencapai suhu terekstrim yaitu -90 derajat celcius. Bisa terbayang betapa dinginnya wilayah tersebut? Mau tahu berapa suhu terpanas di benua Antartika? Menurut beberapa laporan, suhu terpanas Antartika itu 15 derajat celcius. Angin di Antartika juga ekstrem. Jika biasanya kecepatan angin itu bergerak sekitar 18 km per jam, tapi di sini angin bisa bergerak 320 km per jam.
3. Berapa suhu di sana?
Suhu rata-rata tahunan yang tercatat di pedalaman Antarktika adalah -57 °C. Sedang suhu terendah yang pernah tercatat di Stasiun Vostok Antarktika pada tanggal 21 Juli 1983 yaitu -90 °C. Bagaimana dengan suhu terpanasnya? suhu terpanas yang pernah tercatat 15 °C yang direkam pada 5 Januari 1974 di Stasiun Vanda. Angin bertiup dengan kecepatan 320 km/jam yang sering terjadi di Antarktika juga berkontribusi terhadap iklim dingin dunia.
4. Antarktika juga disebut gurun?
Secara definisi, gurun berati daerah tanpa vegetasi/tumbuhan dengan curah hujan per tahun kurang dari 25 cm dan Antarktika hanya memiliki curah hujan berkisar 10 cm.
5. Benua terbesar kelima di Bumi
Antartika merupakan benua terbesar kelima di Bumi. Luas antartika kurang lebih 14 juta km persegi atau hampir sama dengan luas Amerika Serikat dan 2 kali lipat Benua Australia. Benua Antartika adalah benua tanpa negara dan pemerintahan. Ada beberapa negara yang masuk dalam benua ini, tapi negara itu dipakai hanya untuk penelitian ilmiah.
6. Antartika Didedikasikan untuk Penelitian Damai
Perjanjian Antartika ditandatangani pada 1 Desember 1959, setelah lebih dari satu tahun negosiasi rahasia oleh 12 negara. Ini mendedikasikan benua tersebut untuk kegiatan penelitian damai. Sebanyak 48 negara kini telah menandatangani perjanjian itu.
Nah itulah fakta menarik antartika. Semoga bermanfaat!