7 Sungai Terjernih
Sungai tak ubahnya menjadi salah satu siklus hidrologi yang pasti dimiliki oleh tiap negara.
Di sejumlah negara terdapat sungai-sungai yang sangat bersih, dan tidak tercemari. Sebagaimana diketahui, bahwa menjaga kebersihan sungai sangatlah penting. Ini dikarenakan jika salah satu sumber air itu tercemari, maka kelangsungan hidup di sekitarnya juga ikut rusak. Sebaliknya, apabila keadaan sungai itu bersih membuat kehidupan di sekitarnya pun ikut makmur. Berikut beberapa negara yang dikenal memiliki sungai terbersih di dunia:
1. Sungai St. Croix, Amerika Serikat
Sungai St. Croix adalah sungai yang memiliki panjang sekitar 264 kilometer. Sungai ini mengalir melewati negara bagian Wisconsin dan Minnesota. Sungai ini dilindungi oleh National Park Service dan menjadi sumber daya air untuk pembangkit listrik bagi warga Minneapolis. Pada tahun 1830-an, sungai ini sempat menjadi sangat kotor akibat maraknya industri kayu yang menggunakan Sungai St. Croix sebagai jalur transportasi. Oleh karena itu, pada tahun 1915, pemerintah mengambil alih dan membuatnya kembali menjadi sungai terbersih di dunia.
2. Sungai Thames, Inggris
Berada di lokasi populer yaitu London, Sungai Thames masuk sebagai salah satu sungai terbersih di dunia berkat kerja sama yang ciamik antara pemerintah setempat dan masyarakat. Mengingat fakta bahwa konon sungai ini dijuluki sebagai “The Great Stink” karena mengandung zat beracun yang dapat membunuh makhluk hidup. Namun lambat laun sungai yang membentang sepanjang 346 km ini menjadi sungai terbersih di dunia dan menjadi tempat bernaung bagi 125 spesies ikan serta 400 spesies invertebrata. Bahkan di tahun 1960, pemerintah setempat mengeluarkan undang-undang agar seluruh pabrik yang berada dekat dengan Sungai Thames menghentikan aktivitas membuang limbah ke sungai. Hasilnya, sebagian dari limbah bekas olahan industri kini dijual kembali dalam bentuk pupuk untuk aktivitas pertanian.
3. Sungai Torne
Sungai Torne membentang di dua negara, yakni Finlandia dan Swedia bagian utara. Bisa dibilang, sungai ini murni dan sangat bersih karena terletak jauh dari pemukiman manusia, ujar laman I Ban Plastic. Panjang sungai Torne yaitu 522 kilometer dan memiliki aliran air 370 m3/s. Sama seperti Sungai Caragh, kamu juga bisa memancing ikan salmon di sini. Berat rata-rata ikan salmon yaitu 6-8 kilogram per ekor.
4. Sungai Soca, Slovenia
Sungai yang memiliki panjang hingga 138 kilometer ini, mengalir dari utara Slovenia dan berakhir di Laut Adriatik. Sungai Soca menyimpan keindahan, serta kejernihan airnya. Sehingga menjadikannya dinobatkan sebagai salah satu sungai paling bersih di dunia. Selain itu, air Sungai Soca memiliki warna hijau karena pantulan dari pepohonan. Ini karena di sekitar sungai terdapat bebatuan serta pepohonan hijau, sehingga membuat pemandangan di sungai ini sangat menakjubkan.
5. Sungai Tara
Saat pertama kali melihat sungai ini, mungkin kamu akan langsung jatuh cinta. Sungai Tara mengalir di negara Bosnia dan Herzegovina serta Montenegro. Saking indahnya, sungai Tara dijuluki sebagai Permata Eropa, ungkap laman I Ban Plastic. Serunya, kamu bisa berolahraga rafting di Sungai Tara. Ini didukung oleh arus sungai yang cukup deras sehingga akan semakin memacu adrenalin. Mata kita pun akan dimanjakan dengan birunya sungai serta tebing dan hutan yang indah di kanan kiri.
6. Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan
Sungai Cheonggyecheon merupakan contoh sungai urban yang paling unik. Sungai ini awalnya sudah terkubur dan tidak lagi digunakan akibat pembangunan jalan. Namun, pemerintah memutuskan mengembalikan sungai ini pada tahun 1999. Tidak hanya mengembalikan fungsi sungai, pemerintah juga membangun taman seluar 40 hektar di sekitar sungai. Area ini menjadikan udara di sekitar kota menjadi lebih bersih dan meningkatnya biodiversitas.
7. Sungai Hanalei, Hawaii
Hawaii dengan potret keindahan alamnya memang selalu mampu memikat hati para wisatawan yang datang berkunjung. Salah satu ikon di Kepulauan Hawaii dan juga menyandang predikat sebagai sungai terbersih di dunia adalah Sungai Hanalei. Sungai tersebut memiliki daya pikat tersendiri yang dianggap pula sebagai situs bergengsi milik Hawaii. Dipenuhi pemandangan serba hijau sekaligus menjadi rumah bagi jutaan hewan, Sungai Hanalei dikenal sebagai sungai yang masih terjaga ekosistemnya meski aliran sungainya cukup kecil.
Nah itulah beberapa sungai terjernih di dunia. Semoga bermanfaat!