Fakta Pegunungan Alpen
Pegunungan Alpen terletak di benua Eropa dan merupakan jajaran pegunungan tertinggi dan terluas di Eropa.
Pegunungan ini biasanya dibagi menjadi Alpen Barat dan Alpen Timur. Pembahagian ini adalah sepanjang garisan di antara Danau Constance dan Danau Como melalui Sungai Rhine, Liro dan Mera. Pegunungan Alpen Barat lebih tinggi, tetapi rangkaian pergunungannya lebih pendek dan berliku; terletak di Italia, Prancis, dan Swiss. Alpen Timur juga memiliki rangkaian pegunungan yang lebar dan memanjang, yang terletak di Austria, Jerman, Italia, Liechtenstein, Slovenia, dan Swiss. Puncak tertinggi di Alpen Barat adalah Gunung Blanc dengan ketinggian 4.808 meter (15.774 ft). Puncak tertinggi di Alpen Timur ialah Piz Bernina pada ketinggian 4.049 meter (13.284 ft). Dufourspitze, 4.634 meter (15.203 ft) dan Ortler, 3.905 meter (12.812 ft).
Berikut ini 7 fakta pegunungan Alpen yang harus kamu ketahui:
1. Puncak tertingginya adalah Mont Blanc
Dalam bahasa Prancis, Mont Blanc artinya gunung putih, yang merujuk pada lapisan salju yang menutupi puncaknya. Ini adalah titik tertinggi pegunungan Alpen sekaligus yang tertinggi di Eropa, dengan ketinggian 4.809 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di Prancis, namun dekat pula dengan negara tetangganya, Italia, jelas Macs Adventure.
2. Membentang di 8 Negara
Pegunungan Alpen membentang sejauh 1.200 kilometer atau setara dengan 750 mil. Lebarnya sekitar 250 kilometer dengan luas area 200 ribu kilometer persegi. Pegunungan ini membentangi 8 negara di Eropa. Mulai dari barat ke timur, ada Prancis, Monako, Italia, Swiss, Liechtenstein, Jerman, Austria dan Slovenia. Di antara negara-negara itu, 28,7 persen pegunungan Alpen berada di Austria, 27,2 persen terletak di Italia, 21,4 persen berada di Prancis dan 13,2 persen terletak di Swiss.
3. Kawasan Pedesaan
Selain dari keindahan alam beserta dengan megahnya pegunungan yang ada, Alpen sendiri juga memiliki pedesaan yang tak kalah indahnya loh. Karena memang terdapat sebuah kehidupan di pegunungan ini. Bahkan bilamana bisa hidup di sana, setiap hari keindahan alam menjadi teman setia. Walaupun memiliki iklim yang cukup dingin, ada terdapat beberapa desa yang berdiri di Pegunungan Alpen. Juf merupakan salah satu desa yang ada di sana, dengan letak yang paling tinggi. Yaitu berada di ketinggian 2.000 mdpl dan terletak di kawasan Swiss. Bukan hanya Juf saja yang merupkan desa yang ada di Pegunungan Alpen bro, Gimmewald juga menjadi sebuah pedesaan yang menyiampan keindahan alam yang memukau. Desa ini juga terletak di Swiss. Banyak pula yang beranggapan kalau kondisi desa ini pun sangat indah, sampai-sampai hanya warga desa dan pemilik izin yang bisa masuk ke Gimmewald.
4. Puncaknya Tertutup Salju Abadi
Salju abadi menyelimuti puncak Alpen yang memiliki ketinggian lebih dari 3500 mdpl. Selain itu, ada lebih dari 1.200 gletser dan gletser terbesar dikenal dengan nama Aletsch. Suhu di puncak alpen bisa mencapai -5 sampai 4 derajat celcius . dan di musim panas menjadi sekitar 8 derajat celcius. Selain salju abadi, pegunungan ini juga memiliki curah hujan yang tinggi, yakni rata-rata berkisar antara 2.600 mm sampai 3.600 mm per tahun.
5. Menyediakan 90 persen air untuk dataran rendah Eropa
Warga Eropa bergantung pada pegunungan Alpen. Ini karena Alpen menyediakan 90 persen air ke dataran rendah Eropa, khususnya ke daerah kering dan saat musim panas tiba. Air dari pegunungan Alpen juga digunakan untuk keperluan irigasi dan sekitar 500 pembangkit listrik tenaga air akan menghasilkan daya 2900 GWh.
Nah itulah fakta menarik pegunungan alpen. Semoga bermanfaat!