Manfaat Wisata Alam
Menjaga kesehatan adalah hal yang harus dilakukan setiap orang, baik itu anak-anak atau orangtua sekalipun.
Alam bebas memiliki pesona tersendiri untuk memikat para penggemarnya. Kegiatan seperti, memancing, naik gunung, ataupun berenang di laut bebas, ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Bukan hanya sekadar disuguhi pemandangan indah nan menawan mata. Namun, aktivitas semacam itu mampu meningkatkan rasa bahagia yang akan sangat membantu dalam mengatur tingkat stres. Berwisata adalah kegiatan paling menyenangkan dan disukai banyak orang. Bahkan, bagi beberapa orang berwisata merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Tapi untuk menikmati liburan yang menyenangkan, tidak sedikit orang dibuat repot dan juga bingung untuk menentukan di mana objek wisata yang cocok dan sesuai dengan kebutuhannya.
Berikut ulasan beberapa manfaat wisata alam untuk kesehatan:
1. Mencegah Mata Lelah
Jika kamu terlalu sering menatap layar handphone atau laptop berlama-lama itu berarti kamu harus sering melihat pemandangan alam, agar matamu bisa direlaksasikan. Jadi dengan begitu matamu tidak akan lelah dan menimbulakn mata minus.
2. Lebih semangat
Tidur menjadi salah satu alternatif utama yang sering dilakukan oleh siapapun ketika merasa lelah dengan semua tekanan kerjaan? Mungkin hal tersebut benar. Namun, ada yang perlu diketahui bahwa para ahli menyarankan agar tubuh harus terkena sinar matahari pagi untuk meningkatkan semangat. Selain itu, manfaat lainnya adalah meningkatkan pikiran positif. Semangat penuh tentu akan menambah tubuh menjadi segar.
3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Untuk yang satu ini tidak jarang kita melakukannya dengan mengkonsumsi obat, makanan, atau minuman yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Padahal semua itu tidaklah menjanjikan bahwa kekebalan tubuh kita akan meningkat. Nah, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebenarnya kita tidak perlu repot-repot. Karena kita hanya diminta untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk menikmati alam yang hijau. Alam yang hijau inilah yang menjadi obat untuk kekuatan fisik dan psikis kita.
4. Meningkatkan rasa bahagia
Sejatinya manusia senang dengan berbagai hal yang bersangkutan dengan energi positif. Memancing, menikmati angin, ataupun kegiatan lain yang dekat alam akan membuat bahagia. Dalam kondisi ini tubuh menurunkan horman Kortisol atau penyebab rasa tertekan.
5. Meningkatkan Keharmonisan
Salah satu manfaat dari berwisata alam ternyata dapat meningkatkan keharmonisan juga lho. Ini karena tujuan dari berwisata adalah untuk membangun ikatan positif antar pribadi. Maka dari itulah, kebanyakan orang menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga, teman, ataupun pasangannya.
6. Meningkatkan Rasa Tenang
Tuntutan pekerjaan ataupun masalah lain seringkali membuat pikiran jenuh. Jika dalam tahap demikian, Anda akan merasa lebih lelah dan efek buruknya dapat menurunkan daya tahan tubuh karena banyaknya tekanan. Menurut Korchin, stres merupakan keadaan yang membuat mental seseorang tertekan karena banyaknya tekanan. Dalam kondisi seperti itu tidak harus pergi ke psikolog ataupun minum obat penenang. Cukup luangkan waktu untuk duduk di pantai, sambil menikmati sunset. Biarkan angin sore menyapa wajah dan luapkan apapun yang sedang di rasakan.
Nah itulah manfaat dari wisata alam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!