Tips Wisata Malam Hari
Pergi berwisata tidak selalu dilakukan di siang hari. Saat malam hari pun, banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan.
Wisata malam merupakan kegiatan travelling yang menjadi kegiatan wajib dan happening di kalangan traveler. Wisata malam juga menjadi alternatif bagi sebagian orang yang ingin mengisi waktu libur. Berwisata kuliner, melihat sisi lain monumen bersejarah, atau mengunjungi kafe-kafe yang seru. Pastinya sangat berbeda pada saat mengunjunginya di malam hari, kalau dibandingkan pagi atau siang hari. Bagi kalian yang ingin mencobanya, berikut tips aman wisata malam:
1. Ajak teman
Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya ajaklah teman berwisata di malam hari. Selain menghindari hal yang tidak diinginkan, mengajak teman juga dapat mem­bantu traveler saat berpetualang.
2. Mencari informasi lokasi yang akan dituju
Sebelum berwisata di malam hari, baiknya carilah betul-betul informasi seputar lokasi yang akan dituju. Terlebih, jika traveler belum pernah berkunjung ke destinasi tersebut. Informasi yang dicari dapat transportasi menuju tempat tujuan, ketentuan apa yang harus dipatuhi hingga kondisi dan situasi lokasi. Ini dapat membantu traveler untuk menyiapkan segala kebutuhan dengan matang.
3. Pilih lokasi yang aman dan ramai
Wisata malam rentan akan bahaya, sebaiknya pastikan lokasi yang akan dituju. Carilah informasi selengkap mungkin sebelum anda berwisata. Pastikan lokasi wisata aman dan ramai dikunjungi oleh pengunjung. Jangan sesekali mengunjungi tempat sepi apalagi jika anda bepergian sendirian. Ada baiknya anda persiapkan secara matang dan tentukan lokasi yang sering dijadikan wisata malam.
4. Isi baterai gadget sampai penuh
Isilah baterai gadget traveler hing­ga penuh. Jika memiliki portable charger, baiknya turut serta dibawa. Tidak hanya keadaan darurat, tapi juga dapat digunakan hiburan selama berwisata.
5. Gunakan kendaraan yang aman
Saat anda hendak berwisata malam jangan sesekali menggunakan kendaraan yang tak aman. Gunakan kendaraan yang dapat melindungi anda dari bahaya. Ingat! Bahaya selalu mengintai anda apalagi saat malam hari. Pastikan anda membawa teman untuk menghindari hal yang tak diinginkan.
6. Hati-hati dengan uang tunai
Saat pergi berwisata, tentunya butuh biaya. Ada baiknya untuk membawa uang tunai karena lebih sulit mencari ATM di malam hari, kecuali sudah hafal letaknya. Ini juga dapat mempermudah traveler untuk melakukan segala sesuatu. Seperti beli makanan kaki lima atau naik transportasi umum. Eits, tetapi jangan membawa uang terlalu banyak ya, demi keamanan. Pastikan dompet atau tas tempat kita menyimpan uang, kita awasi sepenuhnya. Jangan lengah ketika sedang rehat, seperti halnya menaruh tas di bawah meja. Tetap perhatikan.
7. Jangan berpakaian mencolok
Saat pergi di malam hari, hindari berpakaian mencolok atau berdandan berlebihan. Berpakaian mencolok dapat memancing orang yang ber­niat tidak baik kepada traveler.
Nah itulah tips aman wisata malam hari. Semoga bermanfaat!