Wisata Sawah Terpopuler
Pemandangan sawah dengan hamparan padi banyak terdapat di berbagai negara.
Secara singkat sawah bisa dikatakan sebagai usaha pertanian yang dilaksanakan pada tanah basa serta memerlukan air untuk irigasi. Jenis tanaman yang terutama untuk pertanian sawah ialah padi. Dimana dalam bersawah untuk pengolahan lahan pertaniannya dapat dilakukan secara intensif serta menetap. Sawah adalah jenis lahan pertanian yang berpetak-petak dan dibatasi oleh yaitu pematang (galengan), saluran untuk menahan atau menyalurkan air, yang biasanya ditanami padi sawah tanpa memandang dari mana diperoleh status lahan tersebut. Pemandangan sawah dengan hamparan padi yang indah tidak hanya terdapat di negara Indonesia, tapi juga terdapat di berbagai negara yang ada di dunia. Ternyata hasil dari pekerjaan petani itu mampu membuat pemandangan indah yang bisa kita nikmati. Sawah-sawah yang terdapat di berbagai negara seperti China, Jepang, Thailand dan Vietnam memiliki keindahannya masing-masing. Vietnam memiliki sawah bertingkat yang sangat menakjubkan.
Berikut ini wisata atau area persawahan yang paling indah dan terkenal di dunia:
1. Hoshitouge, Jepang
Jepang adalah rumah bagi banyak sawah fotogenik. Salah satunya adalah peternakan pribadi di Hoshitouge yang terletak di dekat pantai barat Jepang tengah.
2. Chiang Mai, Thailand
Thailand juga memiliki pemandangan sawah yang menakjubkan. Anda dapat mengunjungi Chiang Mai untuk melihat hamparan padi. Anda bisa berlama-lama berada di sana sebab terdapat beberapa hotel dan resor mewah untuk menginap.
3. The Dragon’s Backbone, China
Selain sawah warna-warni China juga punya sawah indah lainnya yaitu The Dragon’s Backbone di Guangxi. Sawah ini sudah ada sejak jaman Dinasti Ming tepatnya 500 tahun yang lalu.
4. Ubud Bali
Di Indonesia juga banyak sekali area persawahan yang luar biasa indah, bahkan keindahannya bisa menyamai sawah yang terkenal di dunia seperti diatas tadi. Tetapi yang paling terkenal adalah area persawahan yang berada di Udud Bali. Saking terkenalnya area persawahan ini bahkan menjadi salah satu spot foto favorit para bule ketika berkunjung ke Bali.
5. Banaue,Filipina
Sawah yang digarap di Pegunungan Ifugao sekitar 2.000 tahun lalu ini memiliki teras bertingkat. Keindahan sawah yang memanjakan mata ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Filipina. Jika berkunjung ke sana jangan lupa untuk mengunjunginya. Sawah sering digambarkan sebagai 'delapan keajaiban dunia.
6. Sapa, Vietnam
Saat Anda melewati wilayah Sapa di Vietnam yang dekat dengan perbatasan China, Anda akan melewati hamparan sawah. Udara sejuk dan hamparan sawah yang bertingkat. Pemandangan ini akan membuat Anda betah berlama-lama.
7. Yuanyang, China
Sawah di Yuanyang masuk dalam Situs Warisan Dunia Unesco dan rumah bagi orang-orang Hani. Sawah ini dapat berubah warna tergantung pada waktu dan cuaca.
Nah itulah deretan sawah terpopuler di dunia. Semoga bermanfaat!