Jembatan Terunik DI Dunia
Sebuah jembatan dibangun untuk menghubungkan dua tempat yang saling terpisah oleh sungai, jurang, laut, dan hal lainnya.
Jembatan merupakan salah satu bangunan yang tak jarang memiliki arsitektur yang unik. Jembatan yang biasanya identik dengan jalan untuk perlintasan ini rupanya didesain sedemikian rupa dengan arsitektur yang menarik. Sejarah jembatan sudah cukup tua bersamaan dengan terjadinya hubungan komunikasi atau transportasi antara sesama manusia dan antara manusia dengan alam lingkungannya. Macam dan bentuk serta bahan yang digunakan mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan jaman dan teknologi, mulai dari yang sederhana sekali sampai pada konstruksi yang mutakhir.
Berikut jembatan terunik di dunia:
1. Jembatan Storseisundet, Skotlandia
Jembatan berikutnya yang tidak kalah menguji adrenalin adalah Jembatan Storseisundet. Jembatan yang menghubungkan daratan Norwegia dan Pulau Averoya ini punya arsitektur yang terbilang unik. Bagaimana tidak, jembatan ini dibentuk melengkung dengan lengkungan yang sangat curam. Jembatan ini pun menjadi salah satu jembatan paling mengerikan di dunia. Karena terdapat sebuah ilusi optik, jembatan yang juga disebut ‘Jembatan Mabuk’ ini juga cukup berbahaya bagi yang pertama kali melintasinya. Jika dilihat dari kejauhan, kendaraan yang melintasi jembatan ini seakan-akan terputus di tengahnya. Bahkan pada 2011 lalu, Daily Mail menobatkan jembatan ini sebagai 'Road to Nowhere'. Panjangnya yang mencapai 260 meter, Storseisundet menjadi jembatan terpanjang dari delapan jembatan yang menghubungkan jalan-jalan di Atlantik. Storseisundet juga menjadi salah satu jembatan paling spektakuler di dunia.
2. Jembatan Eshima Ohashi, Jepang
Sebenarnya struktur jembatan Eshima Ohashi ini dibangun dengan bentuk curam dengan tujuan untuk memudahkan kapal kargo agar bisa lebih mudah melewati sungai Nakaumi. Diketahui jembatan ini memiliki kemiringan sekitar 6,1 persen dari bagian sisi yang lebih dekat ke Kota Matsue serta 5,1 persen dari bagian sisi yang lebih dekat ke Kota Sakaiminato.
3. Jembatan Millau Viaduct, Prancis
Millau Viaduct merupakan jembatan yang melintasi lembah sungai Tarn di Millau, Prancis. Jembatan dengan panjang 2.460 meter dan lebar 32 meter ini menghubungkan dua dataran tinggi batu kapur, yaitu Cause du Larzac dan Cause Rouge. Mengutip Travel Channel, jembatan yang selesai dibangun pada 2004 itu menelan waktu sekitar 17 tahun untuk proses perancangan hingga pembangunan jembatan, semuanya dikerjakan secara hati-hati. Ketinggiannya yang mencapai 270 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat siapa pun yang melewati jembatan ini serasa bak di atas awan. Tak sampai di situ, Millau Viaduct pun dinobatkan sebagai jembatan tertinggi di Eropa dan peringkat 15 dalam daftar jembatan tertinggi di dunia.
4. Jembatan Naga, Da Nang, Vietnam
Jembatan unik yang terletak di salah satu negara Asia Tenggara yakni Vitenam memiliki aristektur yang unik yakni berbentuk naga. Kabarnya, naga yang terlihat besar dan aneh ini akan memuntahkan api pada akhir pekan. Hal tersebut merupakan jembatan yang cukup unik karena dapat menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung.
Nah itulah jembatan terunik di dunia. Semoga bermanfaat!