Manfaat Energi Angin
Energi angin merupakan salah satu jenis energi yang mungkin tidak pernah kita sadari. Sesuai dengan namanya, energi angin memanfaatkan kekuatan dan tenaga angin untuk menggerakan sesuatu.
Angin sendiri merupakan udara yang bergerak, sehingga dapat menimbulkan gaya. Energi angin sebenarnya dapat muncul setiap saat dan setiap waktu, namun intensitasnya tidak tentu, kadang besar dan juga kadang kecil, sehingga sulit diprediksi. Namun demikian ada beberapa daerah yang sering berangin, sehingga sering dimanfaatkan energinya.
Energi angin dimanfaatkan tidak hanya oleh manusia, namun juga semua makhluk hidup yang ada di bumi. Apa saja manfaat dari energi angin? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :
1.Penggerak Pompa Irigasi
Angin mampu memberikan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Salah satunya yakni sebagai penggerak pompa irigrasi. Angin rupanya mempunyai tenaga yang mampu dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin.
Dalam dunia pertanian, angin digunakan untuk menggerakkan pompa-pompa angin pada sistem irigrasi. Selain untuk menyiram tanaman, pompa air tersebut juga bisa berfungsi untuk mendapatkan air tawar bagi ternak.
2.Pembangkit listrik
Manfaat yang pertama dari energi angin ialah sebagai salah satu sumber pembangkit listrik. Energi angin dapat menggerakan alat yang sering kita kenal dengan istilah kincir angin sebagai pembangkit listrik. Dengan menggunakan energi angin sebagai pembangkit listrik, maka kita akan dapat mengurangi pencemaran dan polusi udara, serta menjaga keutuhan cadangan bahan bakar.
3.Penggerak Perahu Nelayan
Manfaat angin yang berikutnya yaitu sebagai penggerak perahu nelayan. Siapa sangka, angin mampu digunakan untuk mengarahkan perahu nelayan.
Ternyata manfaat angin yang satu ini sudah digunakan sejak zaman nenek moyang. Sebelum mesin penggerak ditemukan, nenek moyang mengandalkan angin untuk menggerakkan perahu-perahu layar.
4.Sumber bahan bakar yang bersih
Energi angin enggak mencemari udara seperti pembangkit listrik yang mengandalkan pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara atau gas alam, yang mengeluarkan partikel seperti nitrogen oksida dan sulfur dioksida yang menyebabkan masalah kesehatan manusia dan kerugian ekonomi.
Turbin angin enggak menghasilkan emisi gas ke atmosfer yang bisa menyebabkan hujan asam, kabut asap hingga gas rumah kaca.
5.Berkelanjutan dan Terus Ada
Keberadaan angin merupakan salah satu bentuk dari energi matahari. Angin ini disebabkan oleh pemanasan atmosfer oleh matahari, rotasi bumi, dan ketidakteraturan yang terjadi di permukaan bumi.Selama matahari tetap bersinar dan angin bertiup, energi yang dihasilkan bisa digunakan untuk menjalankan semua jaringan.
6.Penyerbukan tanaman petani
Pembangkit listrik atau sumber energi terbarukan bisa membantu kegiatan pertanian yaitu proses penyerbukan tanaman.Proses ini melibatkan proses pertemuan putik dan benang sari yang dibantu dengan bantuan angin, manusia, atau serangga.
7.Untuk menentukan arah
Manfaat lain dari angin ialah dapat menentukan arah angin. Biasanya dengan menentukan arah angin ini, kita dapat menyimpulkan arah mata angin, utara, barat, timur, dan selatan. Selain itu dengan mengetahui arah angin, maka kita dapat mencari jalan, seperrti kata pepatah ‘gone with the wind’ yang artinya pergilah mengikuti arah angin.
8.Pendingin mesin
Ketika mendengar pendingin mesin, mungkin anda akan mengatakan radiator. Salah. Sebelum adanya radiator, dan hingga saat ini, energy angin masih dimanfaatkan guna mendinginkan mesin atau perangkat elektronik. Pengaplikasiannya antara lain :
• Bentuk sirip-sirip pada bagian mesin, yang ditujukan untuk memberikan angin segar agar mesin tidak menjadi panas
• Sirip-sirip pada peralatan elektronik
• Kipas yang menghasilkan energi angin, untuk mendinginkan perangkat elektronik.
Itulah beberapa manfaat dari angin dan energi yang di hasilkan angin untuk kehidupan sehari-hari manusia.