Macam-Macam Galaksi
Galaksi merupakan salah satu bagian penting dalam tatanan alam semesta. Galaksi adalah sekelompok bintang yang membentuk suatu sistem.
NASA Space Place menjelaskan macam galaksi adalah kumpulan besar dari gas, debu, dan milyaran bintang serta tata surya yang semuanya disatukan oleh gravitasi. Galaksi disebut pula ledakan bintang. Ledakan bintang yang indah ini sebenarnya jarang untuk diamati. Berbagai macam galaksi di jagat raya memiliki lengan melengkung sehingga membuatnya terlihat seperti kincir. Galaksi lain berbentuk halus dan lonjong, yang biasa disebut galaksi elips. Ada juga macam galaksi yang bukan spiral atau oval. Bentuknya tidak beraturan dan tampak seperti gumpalan.
Apabila dilihat dari bentuknya, galaksi yang terdapat di seluruh alam semesta ini dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu:
1. Galaksi Magellan
Galaksi Magellan sering disebut sebagai nama Awan Magellan. Dimana awan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Awan Magellan Kecil serta besar. Awan ini sesungguhnya adalah dwarf galaksi yang mengorbit pada galaksi Bimasakti. Ukuran mereka adalah 14 ribu tahun cahaya serta 7 ribu tahun cahaya. Jarak antara Awan Magellan besar dan juga kecil adalah 160 ribu. Beberapa ilmuwan sering melakukan kajian terhadap Galaksi Magellan, termasuk tanggal 18 April 2012, para astronom dan ilmuwan mengatakan jika matahari tidak ditemukan adanya materi gelap. Namun mereka menduga bahwa dari bentuk dan kandungan unsur di galaksi Magellan, di galaksi ini cukup banyak ditemukan materi gelap.
2. Macam Galaksi Ursa Mayor
Galaksi Ursa Mayor merupakan macam galaksi berikutnya. Macam galaksi Ursa Mayor ini memiliki jarak hingga 10 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini biasanya sering dikenal dengan nama galaksi beruang besar. Ursa Mayor sering dikenal oleh nusantara karena terlihat sebagai tujuh bintang terang yang berguna bagi kapal dan juga perahu sebagai patokan saat berlayar di malam hari. Jumlah bintang pada macam galaksi Ursa Mayor ada 6. Galaksi Ursa Mayor bisa dilihat di langit kutub utara.
3. Galaksi Sombrero
Bentuk galaksi ini adalah spiral dan terlihat seperti topi sombrero, maka dari itu dinamakan demikian. Nama lain dari Galaksi Sombrero ini adalah Messier 104 (M104), yang terletak di sekitar 28 juta tahun cahaya dari galaksi kita. Inti pada galaksi ini sangat cerah, yakni pada pusat tonjolannya yang besar dan di bagian tengah dikelilingi debut.
4. Galaksi Andromeda
Macam-macam galaksi berikutnya adalah Galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda merupakan galaksi besar dengan garis tengah hampir 200 ribu tahun cahaya. Andromeda sendiri memiliki massa 300 hingga 400 biliun kali masa matahari. Struktur Galaksi Andromeda cukup mirip dengan Galaksi Bimasakti yakni berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Ukuran Andromeda bisa terlihat seperti bulan dan memiliki ukuran lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi 1 triliun bintang dan sangatlah jauh.
5. Galaksi Black Eye
Disebut demikian sebab galaksi ini memiliki pita gelap yang spektakuler dalam menyerap debu yang ada di depan inti terang galaksi. Pita gelap tersebut diperkirakan terbentuk akibat tabrakan dengan galaksi lain. Sama halnya dengan Galaksi Sombrero, galaksi ini juga ditemukan oleh Charles Messier, seorang astronom dari Perancis.
6. Galaksi Roda Biru
Jenis-Jenis Galaksi selanjutnya adalah galaksi roda biru. Galaksi Roda Biru memang memiliki nama yang sama dengan bentuk dan warna galaksinya. Galaksi Roda Biru memang tidak terlalu populer, biasa disebut Blue Pin Wheel, galaksi ini memiliki jarak 2 tahun cahaya dengan Galaksi Bimasakti. Galaksi Roda Biru merupakan galaksi kecil yang dekat dengan bumi, sehingga bintang anggota galaksi ini memang mudah dilihat dengan menggunakan binokuler dan teropong khusus untuk bintang.
Nah itulah beberapa macam jenis galaksi di alam semesta. Semoga bermanfaat!