Mengenal Gunung Gongga
Gunung Gongga juga dikenal sebagai Minya Konka adalah gunung tertinggi di provinsi Sichuan, Cina.
Minya Konka terletak di Pegunungan Daxue, yang merupakan bagian dari Wilayah Pegunungan Hengduan, di sepanjang tepi timur Dataran Tinggi Tibet. Gunung ini merupakan puncak terbesar ketiga di luar Himalaya. Pada satu titik di tahun 1930-an, ketinggiannya salah perhitungan dan diperkirakan lebih dari 30.000 kaki, yang akan menjadikannya gunung tertinggi di dunia. Mitos itu berumur pendek karena National Geographic Society dengan cepat membantah klaim tersebut. Itu benar-benar berdiri tegak di atas setiap puncak lainnya di wilayah ini dan keunggulannya dari beberapa ngarai yang dalam dan sekitarnya membuatnya mudah untuk memahami bagaimana beberapa orang mungkin salah menghitung ketinggiannya.
Massif Minya Konka memanjang sekitar 50 km dari utara ke selatan. Ini mencakup sekitar 25 puncak sekitar 6.000 m. Ini termasuk Leudomanyin (6.112m), Langemanyin (6.294m), Daduomanyin (6.380m), Riwuqie Feng (6.376m), Tai Shan (6.468m), Jiazi Feng (6.540m), dan Zhongshan Feng (6.886m). Minya Konka (Gongga Shan) adalah puncak paling timur 7000 m, seluruhnya di provinsi Cina Sichuan. Itu terletak sekitar 1000 km sebelah timur dari puncak lain dengan ketinggian yang sebanding. Daerah ini telah lama menjadi titik putih di peta, dan sampai tahun 1930-an ada desas-desus bahwa Minya Konka mungkin lebih tinggi dari Everest. Meskipun sepenuhnya terletak di Sichuan, Minya Konka menandai batas budaya dan topografi antara Cina/Sichuan dengan iklim sedang yang lembab di timur dan (secara iklim dan budaya) dataran tinggi kering yang dipengaruhi Tibet di barat.
Sejumlah besar kematian pendaki gunung telah terjadi di Gongga Shan, yang pantas mendapatkan reputasi sebagai gunung yang sulit dan berbahaya. Sementara rute pendakian pertama ke Northwest Ridge secara teknis tampak mudah, jalur ini terganggu oleh longsoran salju karena cuaca gunung yang sangat tidak terduga. Selama akhir musim semi dan awal musim panas, orang Tibet menyisir lembah dan gunung di sekitar Gongga untuk mencari jamur ulat. Semakin banyak trekker menemukan jalan mereka ke Gunung Gongga.
Pada tahun 2003, The SummitPost melaporkan gunung itu hanya berhasil didaki sebanyak delapan kali. Secara total, 22 pendaki telah mencapai puncak dan 16 pendaki tewas dalam upaya tersebut. ndeks Himalaya mencantumkan lima pendakian Gongga Shan antara tahun 1982 dan 2002, dan sekitar tujuh upaya yang gagal. Ada beberapa upaya dalam beberapa tahun sejak itu, yang tidak terdaftar dalam indeks ini. Pada Oktober 2017, media Tiongkok melaporkan bahwa Pavel Kořínek, seorang warga negara Ceko, telah mencapai puncak Gongga Shan, menandai pertama kalinya sejak 2002 bahwa gunung tersebut berhasil didaki.
Demikian informasi mengenai gunung gongga. Semoga bermanfaat!