Jenis Hewan Ternak
Berbagai macam hewan ternak dan peliharaan memang ada banyak sekali, bahkan menjadi salah satu peluang bisnis sangat menjanjikan.
Ternak, hewan ternak adalah hewan yang dengan sengaja dipelihara sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri, atau sebagai pembantu pekerjaan manusia. Usaha pemeliharaan ternak disebut sebagai peternakan (atau perikanan, untuk kelompok hewan tertentu) dan merupakan bagian dari kegiatan pertanian secara umum. Dengan berbagai manfaat yang diberikan oleh binatang ternak dan binatang peliharaan, tidak heran kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa penghasilan yang cukup melimpah. Macam binatang ternak dan peliharaan perlu kamu pahami. Untuk mendapatkan keuntungan, kamu tentunya perlu mengetahu cara memeliharanya dengan baik. Jika tidak, tentunya hanya kerugian yang akan kamu dapatkan. Inilah jenis hewan ternak dan peliharaan yang aman:
1. Sapi
Macam biantang ternak sapi menjadi pilihan para pebisnis besar, selain keuntungan yang besar, pangsa pasarnya juga besar. Terutama ketika kamu jual di musim lebaran, hari besar, dan juga ketika lebaran haji atau hari qurban. Tak jarang pebisnis mendulang kesuksesan dan keuntungan besar. Namun dibalik keuntungan tersebut, banyak masyarakat yang ingin sapi yang sehat, terawat dan juga segar ketika dibeli. Maka sudah menjadi pekerjaan penjual atau pebisnis untuk merawat dengan baik.
2. Bebek
Kemudian ada pula bebek, yang menjadi salah satu jenis hewan ternak dan peliharaan yang mudah serta banyak dipelihara di Indonesia. Ya, bebek menjadi hewan unggas yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain ayam. Bahkan bebek juga menjadi salah satu hewan yang cukup mudah untuk dipelihara serta banyak mendapatkan untung. Bagaimana tidak, hewan satu ini menjadi salah satu jenis hewan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sehingga bebek bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya dagingnya saja, bebek juga bisa diambil telurnya, dan diolah menjadi telur asin.
3. Burung Puyuh
Macam binatang yang juga tak kalah menguntungkan lainnya adalah burung puyuh. Unggas satu ini banyak dijumpai karena sering dimanfaatkan bagian telurnya. Burung puyuh menghasilkan telur bisa 6-7 telur di setiap minggunya tergantung nutrisi dan kondisinya. Apalagi, burung puyuh mudah dibudidayakan karena termasuk hewan yang tenang. Burung ini biasa ditemukan di daerah sawah, hutan, atau semak belukar.
4. Ikan Hias
Bukan rahasia lagi jika ikan hias memiliki harga yang selangit baik dalam bisnis maupun modal usahanya. Namun ketika usaha kamu mulai besar, ikan hias bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan, apalagi ikan hias sangat banyak jenisnya baik dari pasaran harga sedang sampai tinggi. Bisnis ikan hias ini memang lebih kepada hobi, sehingga agak sulit mempopulerkan bisnis ini. Namun jika sudah bisa menguasai pasar, maka kamu akan menuai keuntungan sangat besar.
5. Kambing
Jenis hewan ternak dan peliharaan satu ini sangat mudah dan menguntungkan loh bila dipelihara. Kalian hanya perlu merawatnya dengan teliti dan baik sehingga kambing tumbuh dengan sehat. Kambing menjadi salah satu jenis hewan yang dagingnya begitu populer di Indonesia. Biasanya kambing diolah menjadi sate, gulai, hingga olahan nasi goreng. Tak hanya dagingnya saja yang populer, susu kambing juga menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Jadi, bagi kalian yang ingin memulai ternak, kalian bisa memulainya dengan memelihara kambing.
6. Udang
Tidak hanya lele, nyatanya udang juga menjadi salah satu jenis hewan yang tidak membutuhkan biaya besar untuk memulainya. Bahkan jenis hewan satu ini sangat mudah untuk dibudidayakan, dan permintaan pasar cukup tinggi di pasaran. Ada banyak jenis udang yang bisa kalian budidayakan, dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar akan mendapatkan keuntungan besar.
7. Lele
Beternak lele merupakan macam binatang ternak selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Lele yang sehat dan dirawat dengan baik memiliki gizi baik dan omega 3 yang sangat sehat untuk anak-anak. Untuk itu penting mengonsumsi lele dengan kadar standar, karena bisa meningkatkan kepintaran otak. Jika ingin menjual untuk dikonsumsi kamu bisa memilih ternak lele. Tenrak lele juga sangat menguntungkan, apalagi lele sangat mudah hidup.
Itulah jenis hewan ternak dan peliharaan. Semoga bermanfaat!