Manfaat Bioma Stepa
Dalam geografi fisik, stepa adalah suatu dataran tanpa pohon mirip dengan prairi, stepa umumnya ditumbuhi rumput pendek.
Bioma stepa adalah sebuah dataran yang berupa padang rumput yang terbentang dari wilayah dan perwilayahan tropis sampai ke wilayah subtropis dengan kondisi curah hujan yang sedikit. Sehingga bioma stepa diartikan sebagai dataran tanpa pohon yang terkecuali berada di dekat sungai atau danau, hampir mirip dengan prairie, tapi stepa umumnya ditumbuhi rumput pendek. Sedangkan bioma stepa untuk persebarannya terletak di antara gurun dan hutan. Yang perlu dipahami jikalau mendapat lebih banyak hujan maka disebut sebagai hutan. Tetapi jikalau curah hujan berkurang maka akan menjadi gurun.
Stepa berada di dekat pegunungan dan jauh dari laut sehingga kelembapannya lebih rendah. Tak banyak lingkungan stepa yang ditinggali manusia karena kualitas tanahnya yang buruk dan, meskipun ada banyak rerumputan, hanya sedikit tanaman yang hidup di sana. Vegetasi stepa utamanya meliputi herba dan rerumputan yang dapat tumbuh tinggi dan sering disebut sebagai lautan rumput. Jenis flora dan fauna yang hidup di bioma padang rumput stepa juga mempunyai karakteristik tersendiri. Beberapa contoh fauna yang menghuni bioma ini antara lain kelinci, mustang atau kuda liar, bison, kangguru, serigala, dan juga domba. Flora yang tumbuh di bioma stepa adalah tanaman yang bisa beradaptasi pada lingkungan prioritas serta drainase yang kurang optimal. Jenis tanaman ini adalah rerumputan yang umumnya memiliki ketinggian antara 0,6 sampai 1,2 meter. Salah satu contoh tanaman di stepa adalah pohon akasia.
Stepa atau yang juga biasa disebut bioma, merupakan ekosistem yang ada di daerah yang sangat luas dan di dalamnya terdiri flora dan fauna. Di dalam bioma tersebut, Anda akan menemukan produsen, konsumen, serta pengurai. Stepa sebenarnya berasal dari bahasa inggris, yakni 'steppe' yang artinya padang rumput. Perlu diketahui, istilah stepa biasanya digunakan untuk menunjukkan iklim pada suatu daerah yang kering
Manfaat yang menjadi fungsi daripada bioma stepa diantaranya:
Sebagai tempat wisata
Ta jarang fungsi bioma stepa yang kerapkali dihuni oleh hewan khas yang dilindungi serta lingkungannya adalah potensi atau keunikan yang bisa dijadikan pariwisata alam stepa. Hal ini bisa ditemukan dalam berbagai wilayah yang ada di dunia.
Demikian informasi mengenai bioma stepa. Semoga bermanfaat!