Lembah Terindah Di Dunia
Wisata alam memang selalu berhasil membuat kita terkesima dengan segala keindahannya.
Lembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis, salah satunya adalah proses pengikisan tanah secara bertahap oleh air dan angin. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Beberapa lembah terindah di dunia yang antara lain Grand Canyon, Death Valley, dan Lembah Indus. Berikut beberapa lembah – lembah terindah yang ada di dunia untuk destinasi wisata mu:
1. Romsdal Valley, Norwegia
Romsdalen Valley adalah salah satu lembah terindah di dunia yang terletak di bagian barat Norwegia. Diapit oleh pegunungan yang menjulang tinggi, Romsdal Valley adalah lembah yang sempit dan panjang. Namun, sepanjang dasar lembah mengalir sungai salmon berbusa yang bernama Rauma. Rauma mengalir melalui ngarai sedalam 30-40 meter dan membentuk air terjun Slettafossen. Air terjun ini dijaga dengan pagar di kedua sisinya dan bisa dilintasi dengan jembatan.
2. Lembah Barun, Nepal
Lembah Barun adalah bagian dari Pegunungan Himalaya dan terletak di dasar Gunung Makalu. Makalu Barun National Park adalah rumah bagi seluruh lembah ini, dan anda dapat menikmati pemandangan indah dari kedua lembah serta taman nasional setiap kali anda memutuskan untuk mengunjungi tempat. Lembah ini terkenal dengan air terjun yang indah dan tinggi serta ngarai terdalam dan lingkungan yang hijau subur. Anda juga dapat menemukan beberapa ekosistem paling indah yang diawetkan di sini.
3. Lötschental Valley, Swiss
Salah satu lembah terindah dunia selanjutnya yang wajib dimasukkan ke dalam tujuan destinasi kamu adalah Lembah Lotschental yang berada di Swiss. Lembah menakjubkan ini bukan saja yang paling indah, tetapi juga lembah terbesar di Swiss. Pemerintah setempat membuka kesempatan bagi para pelancong yang ingin datang mengeksplorasi lembah tersebut selama yang mereka inginkan. Lokasi lembah ini terbuka bagi pengunjung untuk menjelajahi sebanyak yang mereka inginkan karena membentang sekitar 27 kilometer dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah setinggi 3000 meter. Ini adalah salah satu daerah yang paling 'kurus' di seluruh lembah dan memberikan pemandangan menakjubkan.
4. Lembah Harau, Indonesia
Lembah Harau menjadi satu dari sekian banyak lembah terindah di dunia. Lembah yang berlokasi di Provinsi Sumatera Barat Indonesia ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Lembah Harau, Anda bisa melihat banyak sekali gunung dan formasi bebatuan unik di tempat ini. Belum lagi keberadaan hutan dan sawah milik masyarakat setempat yang menawarkan keindahan alam lembah dari sudut yang berbeda. Lokasi Lembah Harau cukup mudah diakses. Cukup dengan berjalan kaki, maka Anda bisa tiba di Lembah Harau. Tidak hanya itu saja, mempertimbangkan keinginan wisatawan domestik hingga mancanegara yang menjadikan Lembah Harau sebagai tujuan wisata, masyarakat setempat juga membangun homestay dengan harga terjangkau yang lokasinya tepat di samping lembah. Bagi Anda yang merasa lelah dan ingin bersantai menikmati pemandangan Lembah Harau, maka jangan ragu untuk menyewa salah satunya.
5. Lembah Kalalau, Hawai, AS
Lembah yang indah ini terletak di pulau Kauai, Hawai. Ini juga rumah bagi salah satu pantai yang paling indah yang pernah anda temui, Pantai Kalalau. Jika Anda berencana untuk mengunjungi lembah mempesona ini, anda harus menyerahkan kendaraan Anda dan sarana transportasi lainnya karena tidak dapat diakses untuk apapun mobil. Anda bisa sampai di sana dengan trekking yang merupakan cara terbaik untuk menjelajahi seluruh lembah. Lembah ini juga terkenal karena lingkungan yang hijau subur.
6. Valley of the Ten Peaks, Kanada
Valley of the Ten Peaks adalah salah satu lembah terindah di dunia yang terletak di Taman Nasional Banff di Alberta, Kanada. Seperti namanya, ada sepuluh puncak yang mengelilingi lembah ini. Kesepuluh puncak tersebut adalah Mount Fay, Mount Little, Mount Bowlen, Tonsa, Mount Perren, Mount Allen, Mount Tuzo, Deltaform Mountain, Neptuak Mountain, dan Wenkchemna Peak. Salah satu lembah terindah di dunia ini adalah bagian dari sistem Taman Kanada. Kamu bisa melihat hewan-hewan di dalam taman berkeliaran di area danau Moraine seperti serigala, anjing hutan, beruang grizzly, dan beruang hitam. Jika tertarik, kamu bisa menyewa kano, mendaki, atau berkemah di area lembah terindah di dunia ini. Namun, pemandangannya yang menakjubkan dan indah saja sudah cukup untuk membuat perjalanan kamu ke Valley of the Ten Peaks tak terlupakan.
7. Haa Valley – Bhutan
Haa Valley merupakan salah satu lembah terindah yang lokasinya masih sangat tersembunyi. Haa Valley termasuk jarang didengar dan diketahui banyak orang. Lembah populer ini begitu mempesona dan berhasil masuk jajaran lembah terindah di dunia dengan keindahan tak biasa yang dimilikinya. Asia memang memiliki banyak sekali lembah dengan pemandangan menawan, salah satu bukti nyatanya bisa dilihat dari Haa Valley yang berada di Bhutan. Rekomendasi untuk Anda yang berencana ke Haa Valley, sangat tepat mengunjunginya saat memasuki musim semi.
Nah itulah lembah terindah yang ada di dunia untuk destinasi wisatamu. Semoga bermanfaat!