Gedung Tertinggi Di Dunia
Bagi kamu yang punya hobi traveling, tentu harus banget pergi ke landmark dunia yang terkenal.
Membangun gedung tertinggi di dunia kerap menjadi tren dan persaingan antar negara di dunia, Bunda. Selama beberapa tahun terakhir, ada banyak perkembangan dari gedung-gedung yang tingginya dianggap luar biasa. Gedung-gedung yang menjulang ini tersebar di seluruh dunia, mulai dari Eropa, Amerika, Asia, hingga daerah Timur Tengah. Selain punya daya tarik berupa tinggi yang menjulang, gedung-gedung ini juga punya desain yang menakjubkan.
Berikut ini gedung tertinggi di dunia:
1. Ping An Finance Center
Berikutnya ada Ping An Finance Center yang terletak di Shenzhen, Tiongkok. Gedung ini memiliki ketinggian 599,1 meter dan terdiri dari 115 lantai yang umumnya dipakai untuk area perkantoran.
2. Burj Khalifa
Setelah bertahun-tahun menduduki posisi pertama, akhirnya Burj Khalifa harus rela mundur ke posisi nomor dua. Menara dengan ketinggian 828 meter ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Khalifa selesai dibangun pada tahun 2010. Usai dibangun, Burj Khalifa langsung mengantongi berbagai macam rekor. Misalnya saja gedung tertinggi di dunia hingga tahun 2019, struktur berdiri bebas tertinggi di dunia, lift pelayanan tertinggi di dunia, dek observasi luar ruangan tertinggi di dunia, dan sebagainya.
3. Guangzhou International Finance Center, Tiongkok
Gedung tinggi ini terdiri dari 66 lantai yang berfungsi sebagai perkantoran, pusat konferensi, dan hotel. Bangunan yang menjulang tinggi ini dibangun pada 2005 hingga 2010 dengan arsitek Wilkinson Eyre.
4. Makkah Royal Clock Tower
Bagi kamu yang pernah mengunjungi kota Mekkah, pasti pernah melihat gedung yang satu ini. Makkah Royal Clock Tower memiliki tinggi 601 meter dan terletak di Mekkah, Arab Saudi. Gedung ini dibangun pada tahun 2015 dan menelan biaya yang sangat besar, sekitar Rp215,5 triliun. Makkah Royal Clock tower yang terlihat begitu mewah ini juga merupakan menara dengan jam tertinggi di dunia.
5. Tianjin CTF Finance Center
Tianjin CTF Finance Centre yang menjadi gedung pencakar langit kedua di Tiongkok. Gedung ini memiliki tinggi 530 meter dan baru selesai dibangun pada 2019 sejak tahun 2013. Gedung yang dipakai untuk kantor, apartemen, dan hotel ini memiliki total lantai sebanyak 97 lantai.
6. Zifeng Tower, Nanjing
Arsitek asal Skidmore, Owings and Merill (SOM), bernama Adrian Smith menggagas pembangunan gedung ini. Zifeng Tower ini digunakan sebagai hotel, restoran, dan tempat observasi publik.
7. Lotte World Tower
Benua Asia lagi-lagi menyumbang gedung tertinggi di dunia. Kali ini berada di negara Korea Selatan, dengan Lotte World Tower yang memiliki tinggi 554 meter. Gedung ini memiliki bentuk arsitektur yang menarik karena memiliki desain yang melengkung. Lotte World Tower selesai dibangun pada tahun 2017 dan menelan biaya hingga Rp 47,6 triliun.
8. Central Park Tower
Di urutan berikutnya ada Central Park Tower yang terletak di kota New York. Bangunan tinggi ini juga dikenal dengan nama Nordstrom Tower. Gedung pencakar langit ini memiliki tinggi 472,4 meter dengan total 98 lantai di atas tanah dan 3 lantai di bawah tanah.
Nah itulah gedung tertinggi di dunia. Semoga bermanfaat!