Bunga Ungu Tercantik
Bunga ungu memang seringkali menjadi pilihan utama sebagai tanaman hias di rumah.
Beragam jenis tanaman hias dengan bunga berwarna cerah serta bentuk yang unik pun menjadi primadona khalayak ramai. kehadirannya yang mampu membawa angin segar membuat tanaman dengan warna-warna cerah bisa memberi ketenangan sendiri di rumah. Terlebih, bila kamu menempatkannya di sudut rumah atau digantung, penghuni dan tamu pun akan lebih nyaman dengan visualisasi dekorasi hidup tersebut.
Berikut Bunga Berwarna Ungu Tercantik dan Terunik:
1. Gomphrena globose
Di Indonesia, Gomphrena globose lebih dikenal dengan nama bunga kenop. Tanaman ini masuk ke dalam famili Amaranthaceae dan habitat asli tanaman ini berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman hias dan tidak jarang digunakan pada dekorasi acara pernikahan. Dilansir dari laman Wildturmeric, ekstrak tanaman ini memiliki khasiat sebagai antibakteri yang sangat baik, mencakup Escherichia coli dan Salmonella typhi. Selain itu, ekstrak tanaman bunga kenop juga memiliki sifat anti jamur. Bunga kenop juga bisa dijadikan bahan minuman untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang sangat tinggi. Berdasar uji klinis, bunga kenop juga berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi dan diabetes.
2. Wisteria
Ini adalah bunga Wisteria, yang merupakan salah satu ikon di serial anime Jepang, yaitu Demon Slayer. Kamu juga dapat menggunakan bunga ini untuk menghiasi rumah. Wisteria adalah tanaman rambat yang dapat tumbuh dengan sangat cepat dan agresif. Oleh karena itu, lebih baik kamu menanamnya di luar ruangan dan menyiapkan tempat yang cukup untuknya bergerak. Kalau tidak, Wisteria akan memanfaatkan berbagai celah yang ada di rumah untuk bertumbuh. Namun, kamu harus berhati-hati karena bunganya ternyata beracun. Jadi, jangan sampai kamu, hewan peliharaan, atau bahkan anak kecil, tidak sengaja memakan bunga ini.
3. Clematis
Bunga warna ungu kecil ini tumbuh pada batang besar yang memiliki tinggi hingga 30 kaki. Tunggu hingga tahun kedua untuk memangkas bunga ini agar tidak menghambat pertumbuhannya di masa datang. Untuk hasil terbaik, tutupi tanah yang ditanami clematis untuk menjaga tanah tetap sejuk. Tanamlah di bawah sinar matahari penuh.
4. Bee Orchid
Bagian tengah bunga warna ungu ini terlihat seperti lebah kecil berbulu halus yang memakannya. Jenis anggrek lebah ini dapat tumbuh dengan baik pada beberapa lingkungan selama dikontrol. Letakkan bee orchid di bawah sinar matahari penuh atau sebagian teduh.
5. Hydrangea
Selanjutnya adalah bunga Hydrangea, yang juga dikenal sebagai hortensia. Bunga warna ungu satu ini, akan sangat cantik sebagai tanaman pagar di rumah. Hydrangea dapat tumbuh di tempat yang subur dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Selain menjadi tanaman hias, hydrangea seringkali menjadi bunga favorit untuk buket bunga pengantin. Uniknya lagi, kamu dapat mengubah warna bunga Hydrangea ini sesuai keinginanmu. Kamu hanya perlu mengatur tingkat keasaman atau pH tanah, yaitu 4,5 – 5,5 untuk menghasilkan warna ungu sampai biru. Sedangkan pH 6,0 – 7,0 akan menghasilkan warna pink.
6. Gladiool
Gladiool adalah bunga yang sempurna untuk ditanam bersanding dengan bunga matahari karena bisa menyamai tinggi dan keindahannya. Gladiool memiliki bunga yang tingginya bisa mencapai 6 kaki dan memiliki banyak warna, salah satu yang tercantik adalah warna ungu.
7. Salvia atau sage
Tidak hanya sebagai tanaman hias yang cantik, ternyata bunga salvia ini dapat menjadi obat herbal. Seluruh bagian dari bunga salvia dapat membantu mengatasi berbagai penyakit, seperti bisul, luka ringan hingga berat, menurunkan panas, pelindung sel saraf, hingga dapat mengatasi kecanduan narkoba. Bunga ini juga memiliki buah berbentuk lonjong kecil dengan biji hitam. Selain itu, bunga salvia dapat mekar dengan waktu yang sangat lama sehingga kamu dapat lebih puas menikmati keindahannya. Kamu juga dapat menggunakan bunga artifisialnya untuk hiasan di dalam rumah, seperti yang satu ini.
Nah itulah beberapa jenis bunga berwarna ungu Tercantik dan Terunik. Semoga bermanfaat!