Manfaat Jus Buah
Untuk memastikan imun tubuh tetap terjaga dengan baik, penting bagi kita semua untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat salah satunya buah-buahan.
Setiap buah terkenal mengandung vitamin dan mineral yang berbeda. Misalnya belimbing, durian, jambu, jeruk, mangga, melon, papaya, rambutan, sawo dan sirsak yang kebanyakan mengandung vitamin C relatif lebih tinggi jika dibanding buah lainnya. Vitamin C terkenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama memelihara daya imun. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan secara langsung maupun diolah menjadi jus buah yang kaya akan manfaat. Berikut ini informasi lengkap mengenai manfaat jus buah untuk tingkatkan imun tubuh:
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Kekuatan Otak
Manfaat jus buah yang pertama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kekuatan otak. Kita semua tahu bila sistem kekebalan tubuh lemah berisiko dapat membuat tubuh kamu rentan sakit, seperti demam, batuk, dan pilek. Buah memiliki kandungan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga minum jus buah dapat menjadi pilihan untuk tetap sehat.
2. Membuat Tidur lebih Nyenyak
Manfaat jus buah berikutnya adalah dapat membuat tidur terasa lebih nyenyak. Pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat kita selalu terobsesi untuk menyelesaikannya meski waktu istirahat sudah datang. Maka, lupakanlah sejenak semua pekerjaan yang dan coba minum jus buah agar tidur menjadi lebih nyenyak.
3. Meningkatkan Energi Tubuh
Kekurangan energi tubuh dapat menghambat konsentrasi pekerjaan, cobalah mengonsumsi jus buah sebelum memulai aktivitas untuk meningkatkan energi tubuh.
4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Saat sedang menjalankan diet tentu kita harus mengonsumsi makanan sehat dan sebisa mungkin menghindari makanan yang dapat membuat berat badan naik. Jus buah dapat menjadi pengganti makanan, sehingga kita akan merasa kenyang. Minuman ini sangat dianjurkan untuk yang sedang melaksanakan program diet.
5. Mencegah Penuaan Dini
Jus buah kaya pada Vitamin C, misalnya stroberi Sejumlah penelitian membuktikan efektivitas vitamin C dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan dan keriput. Anda dapat memperoleh manfaat vitamin C dari buah, dengan cara menghaluskannya lalu mengaplikasikan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung.
6. Mengatasi Jerawat
Selain menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, jus buah juga mampu mengatasi jerawat berkat zat anti inflamasi. Zat tersebut mampu mencegah peradangan kulit yang menyebabkan jerawat.
Meski manfaat jus cukup banyak, Anda tetap perlu memperhatikan kebersihan dan cara pengolahannya. Pilihlan buah-buahan dengan kondisi baik dan segar, serta jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Anda dapat mengonsumsi buah secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau mencampurnya sebagai salad. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran dan makanan berprotein tinggi.
Itulah berbagai manfaat dari jus buah-buahan yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Jika ingin mengonsumsi buah jenis lain untuk mengatasi atau meredakan gejala gangguan kesehatan tertentu, kamu bisa tanyakan pada dokter atau ahli tertentu.