Egg tart
Egg tart adalah sejenis tart pastry yang menggunakan isian custard (adonan yang terbuat dari campuran kuning telur, susu, dan gula).
Pada awalnya, egg tart ini memiliki ukuran bulat besar, yang kemudian disajikan per slice. Lalu muncullah mini egg tart yang lebih praktis karena dibuat dengan ukuran sekali lahap.
Kue ini identik sebagai kudapan khas Hong Kong. Tapi sebenarnya ada 2 style berbeda yang bisa kamu coba. Egg tart style Hongkong yang menggunakan crust pastry, layaknya dasaran pie, dengan custard-nya yang mulus. Atau egg tart style Portuguese yang menggunakan puff pastry dengan custard terkaramelisasi sehingga tampak bintik-bintik hitam di permukaannya.
Pie susu atau yang memiliki nama ‘londo’ Egg Tart memiliki banyak versi sejarah. Ada yang mengatakan bahwa kue yang sekarang dikenal sebagai jajanan khas Bali ini berasal dari Eropa-lah, Egypt-lah, Yunani-lah, Portugis-lah, dan bahkan Hong Kong. Mana yang benar?
pie susu disebut-sebut berasal dari Hong Kong. Kue berjenis tart custard ini secara umum ditemukan di Hong Kong dan negara-negara Asia lainnya. Bagian pie susu terdiri dari kerak kue bagian luar dengan isi custard telur dan panggang di bagian tengahnya.
isi custard telur dan panggang di bagian tengahnya.
Pie susu diperkenalkan pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu lalu diperkenalkan di cafe-cafe dan toko-toko roti Barat untuk bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin dengan mini pie susu nya.
Sebuah teori menyatakan bahwa kue pie susu yang berasal dari Hong Kong sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Canton yang memiliki kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini. Apalagi sebagai bekas koloni Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris.
Sementara itu teori lain menyatakan bahwa pie susu sangat mirip dengan kue asal Portugis. Kue mirip pie susu asal Portugis itu memiliki nama pastel de nata. Teorinya, kue ini hinggap di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Makau.
Sejarah egg tart seperti ini, apakah itu membantu Anda? Jika Anda menyukainya, silakan bookmark artikel ini.