Markisa
Markisa merupakan salah satu jenis buah yang sangat unik, karena yang dikonsumsi dari buah ini adalah bijinya. Berbeda dari jenis buah lainnya, yang dikonsumsi adalah daging buah itu sendiri.
Buah yang memiliki nama latin Passiflora Quadrangularis L, ini memiliki cita rasa yang asam sedikit manis. Rasa asam itulah yang menjadi ciri khas dari buah markisa.
Jika berbicara tentang habitatnya, buah ini sejatinya berasal dari daerah pegunungan yang sejuk. Tetapi, buah ini juga bisa ditanam dan dibudidayakan di daerah dataran rendah. Dengan kata lain, markisa menjadi salah satu buah yang mudah dibudidayakan dimana saja.
Buah markisa sejatinya terdiri dari empat jenis, yang di antaranya yaitu markisa ungu, markisa kuning, markisa erbis dan markisa konyal. Keempat buah markisa tersebut, tentunya berbeda dari sisi warna buah, ukuran serta rasanya.
Dulu buah markisa hanya dikenal berasal dari pulau Sulawesi atau Sumatera. Biasanya warna kulit buah yang dikenal adalah kuning dan ada juga yang kemerahan. Markisa pada awalnya diketahui bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari benua Amerika.
Namun karena dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis, markisa akhirnya diketahui dapat ditumbuhkan dan juga dibudidaya di beberapa daerah di pulau Sumatera, pulau Sulawesi, dan juga di pulau Jawa.
Markisa kaya akan vitamin yang dapat memperkuat ketahanan tubuh menghadapi penyakit, seperti vitamin C, A, dan antioksidan yang dikenal dapat mencegah penuaan dini akibat radikal bebas yang berasal dari udara terbuka.
Bahkan markisa juga dikenal punya banyak khasiat lain selain vitamin, seperti kandungan passiflorine yang berfungsi untuk menenangkan syaraf dan meringankan berbagai gejala penyakit seperti asma dan juga darah tinggi.
Masih banyak khasiat markisa yang terkandung di dalamnya yang bisa membantu meringankan dan juga mencegah datangnya berbagai macam penyakit dan gangguan pada tubuh. Bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan, markisa juga dapat membunuh sel kanker, sehingga manfaatnya makin besar bagi kehidupan,
Manfaat Buah Markisa
1.Meningkatkan Kekebalan Tubuh
2. Memberikan Efek Tenang
3. Melancarkan Sistem Pencernaan
4. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi
5. Melawan Radikal Bebas
6. Mengatasi Insomnia
7.Sumber Antioksidan
8. Mencegah Terserang Asma
9. Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah
10. Menjaga Kesehatan Jantung
Menjaga Kesehatan Jantung?
1.Alergi.
2.Mengganggu anestesi pada saat operasi.
3.Menyebabkan kontraksi kehamilan.
4.Menyebabkan sindrom buah-buahan.
Buah markisa termasuk vitamin apa?
 Menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol dalam markisa berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga konsumsi buah ini bisa menjaga tubuh dari risiko penyakit khususnya disebabkan oleh infeksi seperti flu.
Apakah markisa baik untuk batuk?
Buah markisa sangat bergizi dan sehat yang mengandung vitamin penting, yaitu vitamin C. Vitamin ini mencegah gejala asma dan membantu menenangkan serangan asma. Ini juga membantu dalam mengurangi batuk.
Berharap untuk membantu Anda!