Jus wortel
Jus wortel dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.Ternyata jus yang satu ini tak hanya baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Ada sederet manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari jenis umbi-umbian yang satu ini.
Berikut ini berbagai manfaat jus wortel yang wajib Anda ketahui selain untuk menjaga kesehatan mata.
Tingginya kandungan karetenoid pada jenis jus ini dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara secara keseluruhan. Studi yang dilakukan pada penderita penyakit ini melihat bahwa kandungan karetenoid mampu menurunkan risiko stres oksidatif dan peradangan dalam darah.
Minum jus wortel selama kehamilan sangat bermanfaat bagi Anda dan janin. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A bisa memperkuat tulang bayi dalam kandungan dan mencegah cacat lahir. Selain itu, vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga berperan sebagai antioksidan pada kehamilan. Antioksidan melindungi ibu dan janin dari paparan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.
Lalu memberitahumu Cara Membuat Jus Wortel yang Sehat dan Enak, Mudah Dilakukan.
Jus Wortel. Tomat, dan Susu Bahan:
Bahan:
• 2 buah wortel
• 3 buah tomat
• 2 sdm gula pasir
• Susu kental manis putih (secukupnya
• Air lemon (secukupnya, jika suka)
• Es serut (secukupnya)
Cara Membuat Jus Wortel:
1.Potong kecil-kecil wortel dan tomat.
2.Blender wortel dan tomat hingga halus, tambahkan gula, susu kental manis dan es serut kemudian blender lagi.
3.Tambahkan sedikit air jika dirasa jus terlalu kental.
4.Saring jus wortel tomat ke gelas saji.
5.Minum selagi masih dingin.
Menggunakan Alat Pembuat Jus
1.Bersihkan wortel. Cucilah 1 kilogram wortel (sekitar 8 buah) di bawah air mengalir yang dingin. Gosok dengan sikat sayuran jika bisa. Gunakan pisau untuk memotong ujung wortel yang lebih lebar, di mana wortel masih tersambung dengan bagian berdaun hijau.
Jika khawatir dengan pestisida pada permukaan wortel, Anda harus mengupasnya. Cara ini tidak mengurangi manfaat jus secara signifikan.
Anda juga bisa membeli wortel yang ditanam secara organik, yang harganya lebih mahal, namun bebas pestisida.
2.Potong-potong wortel. Jika memiliki alat pembuat jus modern, langkah ini mungkin tidak diperlukan. Jika tidak ada, potong-potong wortel dengan ukuran 5-7,5 cm.
3.Siapkan wadah jus. Letakkan sebuah gelas tinggi di bawah pipa alat pembuat jus. Pastikan gelasnya kuat, agar isinya tidak tumpah ketika diisi dengan jus, dan pastikan gelas tersebut cukup besar untuk menjadi wadah jus yang dibuat.
4.Masukkan wortel ke dalam alat pengejus. Masukkan wortel atau potongan wortel ke dalam alat pembuat us dan dorong dengan alat tambahan pada pembuat jus agar masuk ke dalam mesin.
5.ajikan segera. Jus akan segera mengoksidasi dan kehilangan nutrisinya—khususnya jika Anda menggunakan alat pembuat jus sentrifugal berkecepatan tinggi. Jus harus diminum segera setelah dibuat, baik pada suhu ruang atau dengan es—apa pun yang Anda suka. Namun, jika harus disimpan, masukkan ke dalam kulkas tidak lebih dari 24 jam.
Berharap untuk membantu Anda!